Cara Apply Visa United Kingdom di Indonesia

Monday, January 30, 2017



Halo semua! Di post kali ini aku mau membahas soal visa Indonesia untuk United Kingdom. Merujuk pada pengalaman tak terlupakan aku di London waktu itu (Baca: Fashion Week in London with Meitu) jadi beberapa temen-temen ada yang menanyakan soal apply visa ke UK. Semenjak kasus Brexit, UK kini sudah terpisah dari Uni Eropa visanya. Jadi kalo kamu punya visa Eropa, itu sudah tidak bisa digunakan untuk ke London dan seluruh UK :)

Sebenarnya apply visa UK itu gak susah kok, serius deh. Awalnya aku juga gak ngerti sama sekali soal visa-visaan soalnya belum pernah ke luar negeri yang mengharuskan ngurus visa. Jadi inipun kali pertama aku apply visa - nger-ngeri sedep juga apalagi deadline nya waktu itu cuma 4 hari! Haha!

Agak simpang siur emang soal dokumen yang diperlukan untuk visa, aku pun waktu itu saking panik sampai telpon agen travel kenalan temen untuk nemenin dan bantu siapin dokumen - yang ternyata sebenarnya sama sekali gak dibutuhkan kalau kalian bisa cermat menyelesaikannya sendiri. Dan informasi yang aku tulis disini based on my experience ajah gak tertulis resmi di websitenya - tapi visaku granted, jadi aku mau sharing yang aku persiapkan waktu September 2016 kemarin :)

Pertama-tama, mari siapkan dokumen-dokumen yang menyuport aplikasi visanya. Semua harus difotokopi di A4 tidak boleh lecek.
So what you need to prepare first are:

  1. Lembar konfirmasi wawancara online (print yang jelas tintanya).
  2. Receipt pembayaran visa dari bank.
  3. Print aplikasi online yang sudah diisi.
  4. Paspor yang masa berlakunya lebih dari 6 bulan. Paspor lama juga boleh di fotokopi sebagai penguat dokumen yang menyatakan kamu pernah ke luar negri sebelumnya.
  5. KTP
  6. Itinerary perjalanan (pergi dan pulang dan selama disana mau kemana ajah).
  7. Rekening koran 3 bulan terakhir (saldo harus mencukupi, sekitar minimal 50jt).
  8. Surat rekomendasi dari tempat bekerja yang menyatakan kamu akan kembali ke Indonesia untuk melanjutkan bekerja.
  9. Foto terbaru ukuran 45mm x 35mm.


Nah untuk melakukan aplikasi online buka di www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome disini kamu tinggal 'Register an Account' terus isi semua data kamu disitu (panjang banget jadi sambil ngemil atau ngopi mendingan) lol.




www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome

Setelah submit data, akan ada pilihan pembayaran. Lebih enak sih bayar pake CC, aku juga waktu itu apply langsung bayar pake CC dan biaya visa turis itu kurleb 2.700K IDR per September 2016 gak tau ya kalau berubah tergantung kurs :)
Tapi karena waktu itu aku butuh cepat jadi aku bayar untuk visa UK prioritas tentu jadi bayar lebih di konter VFS sebesar 1.701K IDR per September 2016 dan puji Tuhan waktu itu jadi dalam waktu 3 hari sajah hehehehe... Abis itu langsung atur jadwal interview yang tersedia.


Setelah semua online things selesai, kamu tinggal datang ke VFS Global di Kuningan (Jakarta) sesuai dengan jadwal interview yang sudah kamu pilih sebelumnya. Interviewnya mudah, tidak seperti visa Amerika yang banyak pertanyaan. Cukup datang 15 menit sebelum jam dipanggil, duduk, dan nanti ikuti saja alurnya :)

Semoga artikel ini bisa membantu ya, pastikan semua dokumen lengkap - good luck buat yang mau ke UK! Ajak-ajak aku dong! HEHE :D



I MISS BIG BEN SO MUCH! :(

WILL COME BACK TO YOU LONDON! :D

2 comments

  1. sis, dari dulu, meskipun masih sama uni Eropa, UK juga uda beda visa.. hehehehe..
    trus brexitnya skrg juga belom di sahkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha thankyou sis inponya yauda kamu sebagai anak British bikin dong blog UK :p

      Delete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.