Labuan Bajo Trip

Monday, September 26, 2016



Senang sekali rasanya aku bisa kembali ke pulau dan pantai. Aku suka sekali air laut, pasir putih, ikan, langit biru, air jeruk, aaahhh, betapa menyenangkan!

Berawal hanya dari sebuah omongan pepesan kosong di sebuah meja panjang di studio Kairos Works. Artha cerita tentang keindahan Labuan Bajo yang diperkuat dengan bukti foto-foto aduhai menggoda. Kami semua terperangah dan takjub, tapi dalam hati yah aku tahu itu destinasi yang mungkin beberapa tahun lagi aku bisa kunjungi.
Selang beberapa hari kemudian, mereka bercerita lagi, kali ini Steve sangat semangat untuk mengajak kami kesana. Aku, dan yang lainnya, kami hanya tertawa dan menyeringai. Hati bergejolak, pengen banget pergi, tapi apa daya aku sedang menabung untuk pergi Agustus 2016 nanti ke satu tempat rahasia.

It happened in a rush, percakapan bergerak mulai semakin serius di whatsapp grup, dan akhirnya ci Swan sebagai promotor, dia pun "memanas-manasi" aku untuk ikut trip Bajo ini. Dan tidak tahu gimana cerita detailnya, tau-tau tiket dibeli, hotel dibooking, kapal dibayar, dan semuanya terjadi...

Seneng. Bingung. Sampai gak bisa berkata-kata. Kalau gak ada Steve dan Artha, entahlah, mungkin post ini pun tidak akan pernah ada. Jadi singkatnya aku diperbolehkan mencicil - yah, terbuka saja, kenapa harus ditutupi. Budget pergi kesana itu sekitar 6 juta, dengan perjalanan tanggal 26 ke Bali dulu (dirayu lagi oleh ci Swan supaya bisa jalan-jalan dulu), dan penerbangan ke Bajo tanggal 29 pagi. Kupikir sudah terlanjur mengeluarkan uang, baiklah, mari pergi ke Bali dulu untuk sedikit cuci mata lihat bule.

Drama tetap terjadi, banyak malah. Dimanapun aku pergi, drama tidak ketinggalan. Mulai dari koper terlalu besar dan berat, hotel yang gak sama dengan foto, kerjaan Elvin yang rusak di pesawat (heran orang itu masih bawa pekerjaan), mobil sewaan yang harganya naik, dan villa Novi di Canggu yang hanya bisa dijangkau dengan iman. Hahaha. Epic! I love these guys!

So, ini foto-foto bukti saya senang-senang disana :) bukan hoax yah. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain bisa punya kesempatan untuk pergi dengan teman-teman yang disayang. Thank God I can experienced this. Buat yang mau tahu trip tentang Labuan Bajo, mungkin nomor orang kapal, bisa komen aja dibawah yah, atau LINE di @Rheakim.

Tips-tips pergi ke Bajo aku tulis dibawah yah! 




Lihat foto dibawah baik-baik, mari kuperkenalkan.

Paling kiri itu Ameleo, perempuan super tangguh, gak pernah sakit, punya badan model material, fotografer hebat, dan suka menghilang kalau lagi onduty. Pendengar yang baik, pecinta keindahan, tukang makan juga padahal kurus, bikin iri! She's a very good friend.

Kedua adalah ci Novi, baru kenal pas trip Bajo ini, dia teman gereja nya Artha and Steve. Very fun, royal, aku ditraktir makan loh, hahaha, suka banget kuliner, makannya banyak, badannya besar dan kuat, seorang yogi, dan rambutnya aduhai bagus benerrrrr.

Lalu aku itu pake baju abu. Skip.

Terus ada Fanny, seorang yang kreatif, dan suka banget sama alam. Dia berani banget berenang tanpa life-jacket, mengejar manta (pari jinak khas Bajo), dan dia banyak mendokumentasi trip kita, thankyouuu!

Terus itu baju putih seksi itu Wifen, dia makeup artist, sering ikut Kairos kalau duty di luar dan dalam negri. Orang Medan lah sama kita, tapi dia lancar banget hokkien nya secara dari lahir ada di Medan kan. Aku mah apalah. What an easy going person, super fun, dan pergi sama dia bisa terhindar dari bete.

Di puncak adalah Artha, the most committed people I've ever known! Super bangga bisa kenal sama orang pecicilan satu ini. Like another extrovert people, dia bisa bikin orang nyaman ada disekitarnya. Pendengar yang lumayan baik, ahahaha, dan pembicara yang sangat baik! Dia banyak mengajariku tentang komitmen, kerjakeras, dan juga nyinyir :p

Dibawahnya ada ci Swan, orang yang merayu-rayu ku utnuk ke Bali dulu, hahaha. Dia wanita yang pandai memasak, bakpao nya enak banget. Suka ngoceh, yah namanya juga cewek, terus kalo ketawa kenceng banget haduhhh..

Dibawahnya adalah Steve! The cool geeky guy! Dia pinter bangetttt, kayanya apapun dia tau tentang hal apapun bisa tanya sama dia, enak banget diajak diskusi. Punya empati yang tinggi, curhat sama dia kaya ke psikolog loh. My superrrrrrrrr supporter, selalu mendukung dan menyemangatiku :')

Sebelahnya Steve yang baju putih itu Susan, dia mukanya jutek banget tapi percayalah hatinya lembut dan fun banget! Hahaha, i know that feel sis. Kelihatannya pendiam tapi dia sebenarnya asik, banyak menipu memang penampilannya lol.

Belakangnya adalah Irene, the most petite girl in team! She's so cute, smart, dan banyak hal dari dia yang bikin aku kagum. Oya suaminya bule loh, dan dia akan berangkat ke New Jersey untuk forgood disana, will miss you a lot :(


YOGA DIATAS GUNUNG - CHECKED!



Wifen & me

Jadi kita pergi ke Bali dulu, karena tidak ada penerbangan dari Jakarta yang langsung ke Labuan Bajo. Tanggal 29 Mei pagi berangkat ke Bali dan stay disana 2 malam, sambil jalan-jalan kece di Bali liat-liat bule hehehe.. Kita stay di villa milik Ci Novi, di daerah Canggu, masih sekitar sawah-sawah gitu deh.




Setelah 2 malam di Bali, kita berangkat ke Labuan Bajo di airport Komodo. Penerbangan nya 1.5 jam kurang lebih dan kita langsung dijemput sama orang Aqua Luna yang sudah kita booking sebelumnya. Jadi Aqua Luna Selini is not a tour tapi mereka adalah sebuah perusahaan boat yang menyediakan penginapan di kapal phinisi selama di lautan. Yes, Baby, we're staying in the ocean for 3 days in a row! Wooohohooooooo~!! Sooo.... SLEEP IN THE OCEAN - CHECKED!


I super love the blue colors, di laut, langit, semuanya biruuuuuu rasanya jauh dari kepenatan di Jakarta dan yes, tidak ada sinyal seluler yang aktif disini sama sekali, jauh dari peradaban kota dan tidak bisa upload apapun selama di lautan! We've got a real quality time with friends~~

Me, Susan, Irene

The phinisi boat

Padar island



At Pulau Padar pass

At Hotel Sylvia - Labuan Bajo

Maaf ya aku gak banyak foto-foto karena susah, badan kan basah semuanya, kegiatannya cuma berenang, makan, tidur, berenang, hiking, berenang, tidur lagi. LOL!
Kalian bisa contek itinerary ku yah kalo mau pergi juga sama jadwalnya denganku, feel free to copy. Aku akan jabarin budget dan itin nya dibawah. 

Anyway aku ada ringkas semua dalam vlog sun chaser series ku hehe, ditonton dan subscribe ya ^^






Jakarta - Bali - Labuan Bajo - Bali - Jakarta
26 Mei - 1 Juni

26 Mei - 29 Mei 
  • BALI


29 Mei 
  • Flight Bali - Bajo (saranku sih ambil flight paling pagi), langsung tiba di kapal phinisi.
  • Siang kita makan siang di kapal, terus langsung menuju ke pulau Padar, perjalanan itu sekitar 4-5 jam loh, kalau arus deras balik malah bisa lebih lama. Di pulau Padar kita hiking sedikit untuk menikmati seluruh view yang majestic itu. Enjoy the sunset there then~
  • Turun dari pulau Padar setelah sunset sudah gelap, tidak ada lampu jalanan disana, jadi kita makan malam di kapal sambil menikmati quality time - main games, minum wine sambil ngobrol.
30 Mei
  • Pagi-pagi bangun jam 6 untuk lihat sunrise di ufuk, terus tidur-tiduran lagi sampai jam 8an sarapan di kapal.
  • Abis sarapan aku siap-siap untuk ke savannah yang ada di dekat Pink Beach untuk membuat projek fine art photography bersama Artha, Steve, Irene, Susan, dan Amel. Makeup dulu terus langsung foto-foto di savannah. (kalau kalian gak mau ada photoshoot, kalian bisa seperti Elvin dan Wifen yang bermain pasir dan pantai Pink seriously they got the pink sands!)
  • Selesai foto jam 12 siang, langsung makan siang di kapal dan kita bersiap untuk snorkling.
  • Kita snorkling berenang cari ikan dan manta sampai malam tiba...
31 Mei
  • Pagi-pagi udah ga bangun terlalu pagi lagi, badan sudah pada pegel seharian berenang kemaren hehe, jadi langsung sarapan.
  • Jalan-jalan ke bukit Gili Lawa dan kita yoga diatas bukit sambil melihat laut lepas... What a world... :)
  • Kita langsung menuju Labuan Bajo lagi, perjalanan balik 4-5 jam juga seperti pas kemarin, dan kita tiba sore - malam gitu.
  • Kita belanja oleh-oleh khas yaitu: kopi Flores dan kain tenun. Abis itu kita makan malam seafood sepuasnya di Labuan Bajo. ENAK BANGET SUMPAH!
  • Kita stay di resort Sylvia yang super enak dan nyaman. 
1 Juni
  • JAKARTA


Budgeting overall the trip kemarin (29 Mei - 1 Juni 2016) adalah 6.000.000 IDR dengan kondisi:
  1. Penerbangan Jkt - Bali - Bajo - Bali - Jkt naik Air Asia (cari yg paling pagi dan murah lol)
  2. Jumlah peserta 11 orang dalam 1 kapal phinisi (semakin sedikit pembagian semakin mahal pastinya, tapi tiap kapal punya maksimal orang yg berbeda-beda sesuai harganya)
  3. Sudah termasuk tidur di resort Sylvia juga sekamar dua orang.
  4. Sudah termasuk uang makan di Bali 2 hari (no belanja-belanja aku kemaren hahaha)
  5. Tambahan catatan: di Bali tidak keluar uang hotel karena kita ada villa disana.


Sedikit tips and advice dari aku kalau kalian mau ke Labuan Bajo adalah:
  1. Ambil cash, karena di Bajo jarang banget ada ATM, susah jadinya. Kalau perlu apa-apa jadi sudah pegang cash (makan/belanja/tipping).
  2. Di laut gak ada sinyal, jadi tidak perlu repot bawa powerbank, ada saklar juga didalam kapalnya.
  3. Jangan lupa SUNBLOCK dan juga ALOE VERA, kalau gak mau memerah dan perih.
  4. Di kapalku, air di kamar mandinya keluar dengan kecil-kecil, macam air pipis, jadi mandi pun agak lama. Bagi yang gelian sama air laut mungkin akan susah untuk beradaptasi.
  5. Cobain tidur di dek deh waktu malam (jangan di kamar), tidak ada nyamuk, dan udara sangat enak untuk santai dan memandang the naked milky way sepuasnya!
  6. Enjoy the seafood there, jangan sedih karena harganya friendly banget gak kaya seafood resto di Jakarta. 

Soooo guys, enjoy the trip jangan lupa komen-komen kalau kalian punya story kesana juga ya! Yang mau tanya juga di komen silahkan ^^

See you at another trip!

6 comments

  1. Sungguh luar biasa ciptaan Tuhan. Andaikan fisik aku kuat, aku pengeeeen banget main kesana. Makasi Git udah share disini. Aku juga udah nonton videomu & itu bikin iri liatnya.
    Semoga Tuhan memberikan aku fisik yang kuat supaya aku bisa menginjakan kaki disana.
    Indonesia emang keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sure bebe! you will be healed perfectly in the name of Jesus yah! Labuan bajonya akan setia menunggumu kok anytime! cepet sehat sayang <3

      Delete
  2. Gitaaa, terharu liat videonya, merinding karena fokus ke pemandangannya..... MashaAllah... Karya Tuhan bener-bener indah banget taaa :")) makasih yaaa ufah share ini, seneng liat kamu disekelilingi orang - orang positif. Semangat dan sukses terus taaa, anyway hasil foto2 itu dari kamera milik photographernya? Keren bgt ta, bener2 jelas banget. Love you!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saraaaaah <3
      iyaaa karya Tuhan adalah yg terbaik, bumi semua diciptakan bener-bener indah ya manusia aja kadang suka merusak T_T
      Makasi dearrr semua dukungannya! Loveyouuuuuu heheheheehhe.. iya itu mix dari fotonya mereka dan kamera sony aku juga XD

      Delete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.