Latest Stories

Hongkong Trip and Tips

Hai semua, salam sayang dari Hongkong! Just kidding, I already in Jakarta right now lol. So I went to Hongkong and Macau, sini aku ceritain liburanku bersama Karina, Celine, dan juga Jijey. Keep reading yaa :)

!!WARNING!! Post ini mengandung banyak tulisan cerita, tips, curhatan, dan gambar. Your browser might work slower and your mind got washed by my randomness :p

Jadi pertama idenya adalah dari my girlfriend, Karina, yang menawarkan aku pergi jalan-jalan ke Hongkong di tahun 2015, aku bilang sama dia kalau aku gak punya duit, hahaha, iya lah kan pergi ke luar negri itu menurutku pasti mahal dan aku belum berani untuk "melangkah" sendiri. Yauda akhirnya aku dan Karina beli tiket di tahun 2015 akhir, dan aku mencicil semuanya ke Karina. Ehh tapi Puji Tuhan banget loh, sebulan sebelum keberangkatan ke Hongkong, aku mendapat rejeki menang dari workshop Youtube x Pantene yaitu Apple iWatch yang kemudian aku jual untuk jajan disana, hallelujah! :D

Di post ini aku mau share itinerary aku selama di Hongkong dan Macau. Feel free to copy kalau kalian juga mau kesana dan belum tahu mau pergi kemana ^^

Sebelumnya, mungkin ada beberapa tips yang perlu aku share dulu biar bisa kebayang perjalanan disana itu seperti apa ya, dan lebih enak ceritanya juga.

klook
  • Persiapkan koper yang kosong dari Jakarta kalau kalian berniat belanja disana karena barangnya agak besar, snack2 nya juga bentuknya kotak2 gitu soalnya.
  • Aku beli SEMUA TIKET di Klook, apps khusus menjual tiket-tiket wisata gitu, kalian bisa download dan search apapun kebutuhan kalian disitu dan pembayaran menggunakan kartu kredit. Ini memudahkan jauhhhhh daripada harus antri tiket on the spot, dan juga lebih murah jauh :)
  • Termasuk sim card untuk internet, kartu octopus (all in one card in HK), airport express, dll, semua beli di Klook.
  • Siapkan mental karena disana orangnya agak kurang ramah dan jarang yang bisa bahasa Inggris jadi susah untuk tanya-tanya jalan.
  • Siapkan tenaga dan stamina yang baik, di Hongkong mudah banget menggunakan kereta MTR nya karena petunjuknya semua jelas tapi jaraknya jauh2 dan harus ditempuh dengan berjalan kaki :D
  • Oiya, kalau kalian sama kaya aku (pergi dengan budget cukup bukan berlebih), jangan kaget kalau melihat kamar hotelnya keciiiiillll buangggeeetttt yah, karena emang di HK namanya tanah itu susah dan MAHAL, jadi sesek dikit gapapa deh yg penting bersih! XD

Day 1 - Depart from Jakarta CGK - transit KL - HK

Ini seharian nih di bandara, mana sempet delay 2 jam di Kuala Lumpur, rasanya pegel banget nungguin jam tanpa bisa ngapa-ngapain :(
Padahal sudah book tiket yang jam nya paling enak, diperkirakan awalnya bisa tiba di HK jam 5 sore, masih bisa makan malam dan istirahat di hotel kan, ternyata oh ternyata, ada badai taifun di Hongkong yang menyebabkan pesawat banyak delay. Yahh yang penting selamat deh, dilindungin Tuhan selalu :)
Sampai hotel di daerah Tsim Sha Tsui itu sekitar jam 2 pagi badan lelah banget, pikiran hayati pun penat :'(

As I said diatas, kamar di HK itu rata-rata yang mini-mini seperti rumah Barbie. Apalagi karena budget kita cukup bukan berlebih, bukan rahasia lagi kalau hotel disana agak kurang "worth" dengan harganya. Karena tanah langka dan mahal, jadilah kamar hotelku miniiiiiii dan aku berasa boneka disitu haahahhaa.. Tapi thank God resepsionis nya baik banget, dan kamarnya juga bersih, hotelnya aman. Jadi semua perlu disyukuri dong! :D

Day 2 - ALL DAY DISNEYLAND~~!!

Bisa dibilang hari ini adalah yang ditunggu-tunggu oleh kami berempat (aku, Karina, Celine, dan pacarnya Jijey). Kami pecinta Disney dari kecil kan, hahaha.
Rutenya adalah menggunakan MTR ke Sunny Bay dan dari sana akan ada kereta bergambar Mickey yang langsung menuju Disneyland Resort (mereka beda pulau).

Tapi sayang sekali pas sampai disana, hujan mulai turun, jadi kami cuma bisa duduk di gazebo gerbang depan selama nyaris 1 jam T_T
Masih bersukur saja karena kalau tidak hujan, Agustus adalah musim panas yang pastinya bakalan panas banget tanpa bisa kemana-mana alias mager!

Disneyland HK gak terlalu besar dibandingkan yang lainnya (hasil research), sehari saja udah keputer semua, walaupun gak mainin semua wahananya, lebih mengejar poto-poto cantique. Hari itu princessnya juga gak keluar semua karena mungkin hujan mereka takut lepek ye kan...
Harga disana bener-bener mahal, dan kita DILARANG bawa makan dan minum kedalam resort, jadi harus siapin cash buat beli makanan minuman didalamnya. Skitar 110 HKD sudah bisa makan sama minum, belanjanya yah tak terbatas, hati-hati loh soalnya barangnya lucu-lucu banget!!!! XD

rok kami kembar buatan si Karina loh cek ig dia di @karina_hasyim

Disneyland HK tutup jam 9 malam waktu HK, dengan gebyar banget karena ada perarakan kembang api di kastilnya, aku nyaris nangis karena terharu. Merinding rasanya melihat semua kenangan masa kecil yang menjadi satu dengan indahnya :')

Day 3 - The Peak + Sky Terrace + Kobito Cafe

Hari ketiga, badanku agak gak enak gitu, rasanya tenggorokan sakit, kering, perih, susah nelen. Mungkin karena pas ke Disneyland minumnya sedikit banget ditambah cuaca panas hujan terus :(
Walaupun sakit tapi aku tetep harus tahan supaya gak rugi jalan-jalan. Hahaha..

Jadi dengan Klook lagi, kami beli tiket ke The Peak - itu tuh semacam mall gitu tapi tinggiiiii bangets dan pergi kesana harus naik tram (semacam kereta gitu). Di dalam The Peak ada tempat keren yang bisa dikunjungi yaitu: Madam Tussaud Musem, itu loh tempat dimana banyak patung lilin dari orang-orang terkenal dari seluruh dunia. Tapi kami tidak pergi kesana, karena menurutku agak kurang seru, apalah cuma foto-foto sama patung lilin yang mau poto juga antre lagi hahaha, mending berdoa biar bisa ketemu yang aslinya :p

Jadi kami naik aja ke lantai paling atas yaitu Sky Terrace 428 dimana bisa melihat pemandangan Hongkong dari atas puncak gedung tertinggi. Tapi lagi-lagi kurang beruntung yah, cuaca BERKABUT dan semua yang dilihat berubah menjadi asap putih. Sedih banget banget banget gak puas lihat urban life yang harusnya jadi pencuci mata hari itu!! :((
Setelah sejam lebih diatas, akhirnya kami memutuskan untuk turun dari Sky Terrace dan makan siang di Bubba Gump Restaurant (yang juga dibeli vouchernya di Klook). Oiya, sekali naik ke Sky Terrace, kalau sudah turun tidak boleh naik lagi. Sewaktu kami makan tiba-tiba kabutnya mulai pergi, emang sialan lol.

Pulang dari The Peak, badanku rasanya makin parah, tenggorokan makin sakit, leher udah gak jelas rasanya, dan badan agak panas. Jadi Karina, Celine, dan Jijey tetap lanjut pergi cari Gudetama Cafe yang kemudian ternyata sudah berubah menjadi Kobito Cafe, sementara aku bobok di hotel :(
Aku dikirimin foto-foto makanan di cafe itu, lucu-lucu sih khas instagram banget semacam bapao isi telor asin dan kue manis yang kalau dipencet bisa keluar fla kuning gitu.

Setelah badanku agak baikan, aku bangun dan cuci muka, terus kita pergi malemnya ke Mong Kok untuk lihat-lihat dan belanja di Ladies Market. Kata orang-orang, belum ke Hongkong namanya kalau belum ke Ladies Market. Semacam pasar malam gitu deh, isinya barang-barang unik dan tidak bermerk yang tersebar di sepanjang jalan di Mongkok. Mau tahu apa saja yang kubeli disini? Nonton yuk video ku dibawah :D

Setelah belanja, sudah agak malam, kita makan di kedai yang namanya Kam Wah Cafe di daerah Mong Kok yang terkenal dengan roti polo bun terenak di Hongkong, tapi pas malam kita makan disitu sudah abis rotinya. Masih ingat gak aku bilang rata-rata orang Hongkong jutek dan galak? Disini ada satu apek-apek yang super ramah dan ngebanyol terus, mungkin dia 1 dari 100 orang Hongkong yang gaul dan asik diajak ngobrol :p

mukanya aja udah kocak gitu kan XD

Day 4 - Mongkok Shopping Day~~

Yapp di hari keempat ini, kami jalan-jalannya berpisah. Celine dan Jijey pergi ke Ocean Park sedangkan aku dan Karina pergi lagi ke MongKok untuk melanjutkan aksi shopping yang belum terselesaikan di hari kemarin. Paginya sarapan dulu di cafe kemarin, karena penasaran sama roti polo bun yang terkenal itu. Isinya itu mentega leleh yang pas dikunyah lumer di dalam mulut, enak banget deh dimakan panas-panas dan kita minum susu murni hangat, enak tenan~!!
Untuk pergi ke Mongkok kalian tinggal naik MTR turun di stasiun yang namanya "Mong Kok" gampang kok. Begitu keluar stasiun bisa langsung melihat distrik kota yang sarat dengan pusat belanja jalanan, bukan barang high-end atau branded, tapi lebih ke street style.

Kalau malam kemarin kita sudah jalan ke Ladies Market, maka hari ini aku dan Karina berniat belanja di Argyle Shopping Centre yang dimana isinya itu seperti ITC Mangga Dua kalau di Jakarta - super lengkap barang wanita semua mulai dari rambut sampai kaki. Harganya juga variatif, tapi menurutku lumayan terjangkau dengan model yang lucu-lucu. Bajunya sektiar rata-rata 100HKD gitu deh.. Tonton videoku deh kalau penasaran sama barang yang kubelanja di tempat itu :D
Maaf yah aku gak ada foto di shopping centre soalnya ribeeeeettttt banget asli bawa-bawa barang - tas dan belanjaan yang super berat kalo digabungin. Ribet aja gitu buka-buka kamera lagi, tapi akan ada di vlog ku kok, nonton atuh makanyaaaa :3

Setelah dari Mong Kok, Karina mengajakku pergi ke Graham Street untuk foto di wall art yang terkenal itu, tapi agak sangat rancu karena kita cuma tahu letaknya di "Graham Street" tapi tidak bisa memastikan lokasi tepatnya ada dimana. Muter-muter nanya orang sini sana, nyasar, akhirnya nemu juga itu wall-art yang sangat fenomenal dan sering banget dipake buat orang Indo pre-wedding! Aha! Jujur aja sempet bikin aku dan Karina berantem disini, soalnya aku sudah dalam kondisi setengah hidup, nyawa tinggal setengah, so nyasar tanpa arah itu bagaikan neraka buatku. Hebat si Karina staminanya super deh~ huhu~

polo bun

Yahh tempatnya gitu deh ternyata cuma sederet dinding panjang yang penuh dengan lukisan mural. Nyarinya setengah mati, itu ternyata cuma di jalan biasa, bukan taman skater atau mural gitu hahaha.. Yang penting happy bisa foto disitu buat upload instagram yekan, padahal perjuangannya bok, ditambah keringet sebenarnya udah banjir tuh, tapi di foto keliatan flawless kan haha, padahal gak diedit itu.

Malamnya kita makan di tempat wonton noodle paling enak se-Hongkong menurut google namanya Mak's Noodle. Jalannya juga ampyuuuuunnn jauh dari stasiun MTR dan letaknya di pelosok-pelosok gitu! Badan udah bener-bener mau modar, palak pusing dan leher sakit. Tapi mereka bertiga masih semangat 45 banget, jalan masih pada gagah. Aku merasa lemah sendiri :'(
Tapi semua perjuangan terbayarkan karena ternyata wontonnya enak! Tak ada deh di Jakarta yang wontonnya seenak ini XD

Day 5 - Ngong Ping Village~

Ngong Ping itu adalah sebuah pedesaan di bukit di Hongkong, nama bukitnya aku gak tau apa sih hahaha. Disitu terdapat patung Buddha yang sangat besar dan menjadi icon dari Ngong Ping. Perjalanan kesana menggunakan cable car yang ada di seberang stasiun MTR Tung Chung. Naik cable car menyenangkan bangetttttt, aku seneng banget karena banyak pemandangan yang indah bisa dilihat dari atas! Perjalanan dari spot awal cable car ke desa Ngong Ping itu 20-30 menit, lumayan kan bisa santai sambil melihat pemandangan Hongkong dari atas (membayar kerugian di Sky Terrace lol). Sekali lagi, beli tiket cable car ini dari Klook.

Beda dengan hari-hari kemarin, cuaca hari itu panaaazzzz pol sampe kepala rasanya gosong. Untung Karina bawa payung kan, jadi bisa nebeng bayangan >.<
Berderet toko-toko cinderamata di situ, dan ujungnya kita bisa jalan menuju kuil Buddha dan menapak sampai ke puncaknya. Buddhanya besaaaarrr sekali :D

Setelah pulang dari Ngong Ping, kita sepakat HARUS makan DIMSUM kalau ke Hongkong, jadilah kita jalan cari yang namanya One Dimsum Resto karena menurut banyak blogger, disitu harganya murah dan rasanya enak banget. So kita jalan kesitu dan benar aja, waiting list nya bok, rameeee! Disini ada kejadian kocak banget asli, hahahha, aku ngakak tau gak sampe nangis. Kita cuma berempat tapi kita order 13 porsi dimsum, sedangkan di meja lain itu cuma sekitar 2-3 porsi aja berdua. Kita sampe diliatin sama orang-orang disitu, dikira bener-bener kelaperan belom makan satu abad kayanya. Kita juga gak nyangka sama sekali kalo porsinya ternyata besar yah sodara-sodara!! Kita biasa makan dimsum di Jakarta tidak pernah sebesar itu porsinya XD

Kacaauuuu banget hahahha, sampai ngakak, ngabisin dimsum seperti disiksa saja XD
Nonton ya vlog aku buat tau keseruannya langsung lol~ Ini kuupload poto-poto nya semoga kalian gak ngeces ya! Aku aja sekarang udah kangen banget makan disitu :(

Alhasil pulang dari makan dimsum kekenyangan banget kaya babon dan tidur nyenyak saking bahagianya :')
Ini malam terakhir di Hongkong, rasanya senang bisa jalan-jalan di kota besar ini, tapi sedih juga sudah tidak bisa keluyuran malem-malem lagi sambil berkece ria hehehe.. Besok sudah pergi ke Macau pagi-pagi naik kapal fery. I will post the super short Macau trip on the different post.

Ini video ku tentang haul yang dari Hongkong, ditonton ya jangan lupa subscribe juga ^^
See you next post~! Love!

1. Awww so fun! Penginapan disana costnya gede bgt ya?

1. haha yes it was jen! lumayan soalnya tanahnya sedikit sih dsana :(

Form for Contact Page (Do not remove)