Latest Stories

Pengen Banget Jadi Beauty Blogger? Baca Dulu Deh~


Hai, bisa sampe kebuka post ini pasti penasaran maksud judulnya apa kan? Saya mau curhat loh, kalau mau terusin baca monggo.. Kalau nggak ya langsung close window aja, soalnya post ini ga ada gambarnya, tulisan doang..  :)

Sering banget orang bilang "Ih enak banget sih jadi beauty blogger, ke acara dapet hadiah banyak, bisa punya makeup gratis, dibayarin ini inu, ahh jadi blogger juga aja ah!"
Jadi, pengen banget jadi beauty blogger nih ceritanya? Oke, yuk kita diskusi tentang ini. Sekarang emang lagi nge-trend banget yah orang bikin blog, video, eksis di sosial media, dan lainnya. Kesannya ada "kebanggaan" tersendiri kalau menyanding title "blogger" atau "vlogger". But is it really fun to being one?

Saya adalah keduanya. Beauty blogger dari tahun 2011 dan beauty vlogger dari tahun 2015. Mungkin gak perlu yah saya ceritain detail kenapa saya jadi blogger/vlogger ini inu, pasti pada langsung close window karena bisa panjang banget lol.
Intinya, saya cuma pengen bagiin ke kalian semua, para wanita-waniti yang merasa gimana sih cara jadi beauty blogger yang terkenal? Nih saya kasih tau cerita "dibalik" hidup seorang blogger/vlogger. Ini 100% orisinil loh.


1. GAK SEMUA YANG KAMU LIHAT ITU BENAR
Even Greenland itself doesn't has a green land inside. Jadi yang kalian lihat di timeline instagram blogger/vlogger itu semua gak 100% benar. Semua tentang "pencitraan". Mau ambil selfie yang bagus? Ada lebih dari puluhan foto yang kemudian disortir untuk bisa posting di instagram. 
Salah emangnya? Ya gak juga. Itu kan pilihan, mau pencitraan apa kagak. If you enjoy then just go on! Gak usah ikut-ikutan biar hits dan punya banyak followers. Beberapa dari kita (bloggers) posting foto di instagram itu karena job juga alias ada brand yang meminta tolong dipasarkan produknya.
Apa karena terpaksa? Ya saya sih nggak ya, saya senang melakukannya. Dan banyak juga brand yang saya tolak karena tidak sesuai dengan pribadi saya (contoh: alat kontrasepsi, ya iyalah saya tolak, saya belum menikah, lagian itu kan diluar fokus blog saya, dan saya berhak menolak).
Intinya, kalau kalian lihat blogger hidupnya kok enak banget, pergi event sini sana, dapet produk ini inu, kece badai, yahhhh, everyone wants to look good in others eyes, tapi percayalah kita punya pikiran dan hidup yang sama berlikunya dengan siapapun juga di dunia ini, hanya saja kita lebih mau mengekspos yang enak-enak saja dan tidak mau mengeluh :)


2. MENULIS/BIKIN VIDEO ITU PAKE PASSION
Ini yang susah dan agak idealis kedengarannya. Tapi ini bener. Dibutuhkan lebih dari sekedar "bisa" menulis atau bikin video untuk bisa memulai menjadi blogger atau vlogger. Kenapa? Ya karena kalau gak pake passion, apapun pekerjaan yang dilakoni akan terasa hambar. Ini sih gak usah dijelasin lebih panjang yah, saya rasa cuma diri sendiri yang bisa tahu passion nya dimana.


3. GAK SEMUA YANG DIKENAL ITU BAIK
Kata siapa semua bloggers yang ada disini saling mencintai? Ya bagi saya pribadi sih jujur ada beberapa yang nyebelin abis, sombong, dan suka memandang rendah orang lain. Ini lebih dari sekedar "gak follow balik" atau "lupa nama" loh. Kadang saya merasa orang tersebut tidak mau saya lebih baik daripada dia, dan dia selalu menganggap saya gak ada. Ada juga yang sengaja mendekatkan diri ke yang lebih senior untuk supaya di mention biar terkenal dan diakui sebagai blogger hits. Ada loh. Semakin kesini, dunia per-blogger-an ini sudah semakin kejam. Saya merasa awal-awal ngeblog itu sangat damai, semua tidak bersaing dan saling berbagi info dengan tulus. Tapi (maaf) banyak banget anak baru yang belagu, mau cepet terkenal, dan memanfaatkan ketenaran orang lain sebagai batu loncatan. Saya pribadi gak punya benci atau perasaan terpendam sih, tapi miris aja liatnya. Lagian itu pilihan sih, saya gak urus - cukup tahu aja.
Jadiiiii, intinya, ya balik ke point 1, ada juga yang foto bareng dengan caption misalnya: "Meet this beautiful blogger and hope to see you again darling" >>>> belum tentu jujur
Taunya darimana? Your heart knows siapa yang tulus dan "tu-lus". Kalau saya? Males banget pura-pura di hidup sendiri. Hahaha.


4. KNOW YOUR MOTIVATION, MILESTONE TIAP ORANG ITU BERBEDA-BEDA
Ada yang sudah blogging 7 tahun tapi masih gitu-gitu aja, tapi ada yang baru 1 tahun sudah melejit. Kok bisa? Beli followers? Tipu sini situ? All I can say is I don't know what is behind her success, bisa jadi sebagian besar karena kerja kerasnya mungkin? Atau keberuntungan? Atau memang dia keren maksimal? Nobody knows, kita patut menyelamati teman yang sudah lebih "berhasil" meskipun indikator berhasil itu berbeda-beda. Followers 10rb itu artinya sukses atau cuma seribu itu gagal? Ya gak gitu juga lah. Intinya, seberapa lama ngeblog tidak 100% menjamin ketenaran seseorang. Sama kan kaya di dunia kerja? Ho'oh, makanya kalau bukan karena passion, pasti sudah tumbang deh ;)
Salah gak sih kalau pengen ngeblog biar terkenal? Ya enggak dong, sayang, it's your choice, kenapa enggak? Ya tapi terkenal itu juga ada yang terkenal "yay" dan "nay", semua butuh proses juga.


5. YOU CANNOT PLEASE EVERYBODY
Yes, pasti akan adaaaa aja orang yang gak suka sama kita meskipun kita sudah berusaha lurus-lurus aja. Saya sering dibilang yang gak enak-enak di sosmed. Cara mengidentifikasi haters itu ada 2: Satu, tanya diri sendiri ada masalah gak sama orang lain? Kalau ada segera diselesaikan dengan minta maaf personally. Dua, kalau gak ada masalah berarti haters itu iri sama kamu. Itu aja.

contoh fans terselubung dari ask.fm saya lol


Keep it cool aja, gak usah dibawa emosi nanti mereka seneng. Apapun profesi kita, pasti ada aja yang gak suka dan komentar pedes. Kalau memang kritik membangun, diterima. Tapi kalau cuma nyinyiran kaya gitu? Kibas rambutmu dan pergi menjauh.


6. WHAT YOU DO WILL MEASURE YOUR WORTH
Ada yang bilang, "Jadi beauty blogger repot ya mahal, musti punya kamera canggih." atau "Ya iyalah fotonya bagus orang kameranya berjuta-juta gitu." Hey hey hey, ya iya lah. Buat saya, kamera itu penting banget buat blogger apalagi vlogger yah. Harga memang gak bisa bohong. Kamera HP sama kamera profesional pasti punya perbedaan, kalau gak ya harganya gak mungkin jauh dong. Meskipun sekarang banyak banget smartphone yang bagus-bagus kameranya ya. Apa yang kalian lakukan akan memberikan dampak bagi diri sendiri. Memangnya kalian pikir kamera kami datang dari langit? Ya enggak lahhhh, saya nabung berbulan-bulan untuk beli kamera sendiri, cicil pake kartu kredit. Semua demi apa? Demi passion yang saya jalani, tentu saja bersyukur passion saya bisa menghasilkan dong. Jadi, kalau mau jadi beauty blogger itu memang harus modal. Dannnn, balik lagi ke poin 2, kalau gak passion, ya tumbang deh ;)
Tapi bukan berarti kalau belum punya kamera tidak bisa memulai jadi blogger. Foto dibawah cahaya matahari itu tips yang paling canggih, karena cahaya dari Tuhan adalah yang paling cetar membahana, dan pake kamera apapun hasilnya akan kece. Sambil kemudian menabung untuk bisa beli kamera yang bagus.




Yah.. agak panjang ya, hahaha, sebenarnya banyak yang pengen diceritain tapi ini intinya yang menurut saya paling krusial sih hehehe..
Jangan menaruh prasangka buruk sama orang lain, keep doing your passion with faith, rendah hati bukan rendah diri, dan selalu mau belajar hal baru.

Saya mau tutup dengan quotes cetar yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi:

You have to be confident enough when everybody's underestimating you, yet have to be humble enough when everybody's praising you.


Sekian, dan terimakasih. Oiya, jangan lupa komen dan subscribe channel aku yah  www.youtube.com/rheakim kapan-kapan saya ceritain sesuatu dibalik channel saya :)



Kiss & hugs,
Rhea.

Comments

  1. huhuyyy bener pake banget kakakss, kalo engga karna passion bertahun-tahun engga akan keterusan beauty blognya, banter beberapa bulan juga hilang karena emosi jiwa ga kunjung femes instan, padahal yang bisa diundang sana-sini dikirimin produk mulu itu butuh bertahun"buat hasilin kepercayaan para beauty brand, btw itu beneran ada yg nulis beauty blogger ga laku?? dih jahat amat -_- semoga diampuni dosa"nya, nice post cynn :*

    XOXO,
    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA emberan jeunggg~ pengen femes instan hari gini susah, apa2 butuh proses yahhh hahaha.. Iya tuh, ga ngerti sapa beraninya pake anonim ajah. bodo amat deh~ lol~ makasi cantik sudah baca dan komen :*

      Delete
  2. Gitaaa, ini on point bangettt!! semua hal di atas aku juga pernah ngerasain dari awal ngeblog sampe sekarang. bikin video sebiji itu ngeditnya lama dan uploadnya kadang seharian. yg komen bagus alhamdulillah ada, yg komen negatif? alhamdulillah juga ada banget! hahaha. pdhl effort yg kita keluarkan banyak. balik lagi kalau emg passion dan demen sharing, mau dihadang badai internet matik dan lemot juga dilalui *tsah* wkwkkw dan bener juga point ke 3.."dunia blogger tidak seindah yang kalian lihat" :)))) duh kangennn sama gita lahhh jadinya udah lama ga ketemu kitaahhh.. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. ipahhhh misyutuuuuu huhuhu, kangen jugak sama itu ayam pedesnya ampun hahahha... iya wktu itu eke jg upload video baru sbntar dah ada yg dislike ekkwkwkw gpp lah terimakasih yg penting dapet view 1 gitu2 hahaha.. bener banget, rela deh nyubuh tidurnya nungguin renderan video lol. duh bneran yuk kmpul rumpi lagii XD

      Delete
  3. Senang banget baca punya rhea ini ^^ point yg beauty blogger sombong itu, pernah ngalamin kalau ingat jadi sedih :( apalah saya ini hanya beauty baru, dikacangin T.T

    Ah, itu foto dengan kamera hp. :D aku banget. Wkwkwkw sekarang sudah oake kamera saku, sekarang nabung dulu supaya dapat beli kamera kece kayak yg lainnya. Hehe

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau aku beliin kameranya hahaha

      Delete
    2. thankyou rima :))
      iya heheh aku juga perna mengalami, semoga kita gak jadi seperti itu ya karena tau gak enaknya digituin hehe.. asikkkk kamera baruuuu yayyy rajin2 ya bloggingnya :D

      Delete
    3. U're welcome Rhea. ^^
      Iya ga enak banget lah. Aamiin semoga ga jadi orang sombong.

      Ah, bukan kamera baru, kamera lama kok tapi baru dipake.
      Berharap nanti bisa beli kamera yg ok lah buat blog. Hehe biar fotonya bisa sekeren foto punya Rhea.

      Selalu rajin blogging. Hahahaa *sok banget

      Delete
  4. wih atas anne blogger antik semua, boleh kenalan donk

    ReplyDelete
  5. Sayang banget gak sekalian aja diceritain kenapa bisa jadi blogger/vlogger....

    ReplyDelete
  6. semua yang kamu tulis diatas mewakili isi hatiku banget git...
    tapi yang paling ngena itu poin
    1. Semakin kesini, dunia per-blogger-an ini sudah semakin kejam. Saya merasa awal-awal ngeblog itu sangat damai, semua tidak bersaing dan saling berbagi info dengan tulus. Kayaknya poin ini bagus banget deh, walau aku senang punya banyak teman tapi sepertinya ngeblog jadi ga sedamai dulu, banyak banget yang rumpi di belakangan, saling sikut demi sebuah undangan event atau berebut SKSD sama blogger terkenal demi gratisan bernama goodie bag.

    2. seberapa lama ngeblog tidak 100% menjamin ketenaran seseorang. Sama kan kaya di dunia kerja? Ho'oh, makanya kalau bukan karena passion, pasti sudah tumbang deh ;) Aku sibuk ngantor, pulangnya masi ngurus anak dan suami, tapis etiap malam nyempetin buat foto-foto, nulis dan ngedit foto. Kalau bukan passion mah ga bakal kuat ngejalanin selama 5 tahun

    3. Ada yang sudah blogging 7 tahun tapi masih gitu-gitu aja, tapi ada yang baru 1 tahun sudah melejit. Kok bisa? Beli followers? Tipu sini situ? All I can say is I don't know what is behind her success, bisa jadi sebagian besar karena kerja kerasnya mungkin? Atau keberuntungan? Atau memang dia keren maksimal? Nobody knows. Karena aku sudah sekian tahun ngeblog tapi ga ngetop-ngetop hahahaa tapi aku ga akan berhenti nulis karena nulis itu passionku ^_~

    thank you ya git sudah menyuarakan isi hati kami para blogger hahahaa :) you go girl!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cecehhh, kita sehati seiya sekata setanah air banget dehh hhuhu aku padamu.. jadi kangen ngbrol2 soal ini inu yah kaya di sency waktu itu :(
      i feel you banget ce, meskipun blm beranak, kesibukan kerjaan aja dah bkin tenaga kayanya kok abis gitu, huhu, salut sm cece yg sudah pny keluarga tp msi rajin ngblog, passion ya :3
      apaan sihhhh ceee ngetop gituuu, banyak tmnnya, bahkan sudah nemu calon besan HAHAHA... cuss ah ketemuan lagi kt pepotoan bareng lagi ^^

      Delete
  7. Wah gitu ya ka ternyata, aku baru mulai ngeblog dan emang karena aku suka nulis dan beauty things aja sih.. Sempet nulis cuma sebulan abis itu stop karena mager sekarang mulai lagi hehe. Bikin post juga tentang tips memulai beauty blog dong ka, do's and dont's nya hehe. Salam kenal ya ka :)

    restananda.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo restananda, salam kenal yahh ^^
      hehe iya ini sebagian besar dari aku dan teman-teman pernah alamin sih jadi sharing aja siapa tau ada yg nantinya kecewa karena ekspetasi nya salah pas awal blogging hehe.. thanks for reading yah.. boleh-boleh, nanti aku post ya, emang ada rencana sih :)

      Delete
  8. setuju.. penjelasan km menohok banget git...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw ini sbenernya pgn curhat ci, tapi berujung kasih masukan sdikit deh :p

      Delete
  9. aku suka quote penutupnya :3
    hahaha sama git udah dari 2011 tapi ya sebenarnya masih gini-gini aja sih, bukan si famous :P, meskipun improve quality pasti terus lah ya, kalau ga ada passion ya tumbang. Mana orang disekitar aku bukan dari beauty atau fashion atau industri kreatif lainnya jadi pasti orang pada ngeremehin bgt "ngapain sih kamu melakukan hal itu" *kok jadi curcol hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha femes ahhh kak, buktinya kt bs kenal mskipun nun jauh XD
      iyaa sukurnya aku kerja orang2nya gak ada yg blg gitu sih, pasti sedih juga ya klo ada yg ngmg gtu, bener2 karena passion aja yg bkin terus ngeblog :') semangaatttt

      Delete
  10. Bener banget ya dunia blogging semakin kejam hahaha, cuma mungkin buat yang di daerah gak terlalu ngerasain sih. Walau aku baru ketemu sama gita sekali mudah-mudahan gak di kira sombong ya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe gak dong, aku masih simpen bros yang dari kamu <3

      Delete
  11. Poin 6 gue banget :D pertama nge-blog kamera masih pakai hp atau kamera digital biasa, ngakalin nya pakai lighting cahaya matahari. Kalau hujan gak bisa ambil foto :D tapi makin kesini udah bisa nabung dan upgrade kamera huehehe


    reistilldoll.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihiyyy makin cakep ya poto2nyaaa <3 <3
      aku jg dulu pake kamera bb yang juelekk tenan hahaha

      Delete
  12. hello Rhea,just know your blog via sociolla blogger
    nice to meet you :D
    followed u already on gfc and IG
    anyway.such a nice post and really encouraging♥

    Anita // PETITEDIARIES

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello anita, salam kenal ya :)
      thankyou, and followed back you~

      Delete
  13. Halo Gita, Poin no.1 dan 3 itu sih maknyus bener loh. Hahaha. Aku bukan beauty blogger, cuma reader numpang lewat. Mau cerita dikit nih. 1 atau 2 taon lalu pernah ngeliat curhatan blogger X soal blogger Y. Si blogger X kayaknya sebel banget sama blogger Y dengan sepenuh hati, namanya ga disebut sih, tapi dia ngasih clue yang jelas banget kebaca sama org yg suka mondar mandir baca beauty blog kayak aku. i feel nothing, but excited! Berasa baca drama. haha. Dan sering banget juga sih baca-baca selentingan misuh-misuh dunia blogger yang ga cantik ini. Sejak itu jadi tau deh, ah ternyata di foto cipika cipiki, dibelakang mulutnya banyak yang berpisau. :p
    Untuk poin no.1 sih, dimaklumin deh. Namanya juga ber"jual"an, ya butuh pencitraan dong. Kalo yang dipajang bagian hidupnya ga suka ngupil, males mandi, atau bagian ga cantik lainnya, siapa juga yang mau ngelirik? ;')
    Btw, aku suka bgt vlog kamu yang soal pengendara. Bikin lagi dong yg tentang slice of life gitu. Hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo cella, thankyou sudah mampir, baca, dan komen ya ^^
      hehehe iya sbenernya memang banyak banget yang sperti itu, cuma bisa dirasakan dari hati masing2 kita kan punya insting ya sebagai cewek apalgi lebih peka, mana yang bener-bener tulus pengen berteman dan mana yang gitu2 deh hehehehe.. yapp tapi kadang "drama" itu bikin seru hidup ya gakk? hahaha.. thankyouuuu uda nonton, hehe iya nih aku lagi berpikir untuk bikin daily vlog lebih rajin, ditonton yaaa klo ada~ XD

      Delete
  14. Halo, Rhea..salam kenal..
    Bener banget tuh pas awal ngeblog rasanya dunia damai banget, tapi makin lama makin kejam.. Motivasiku dulu ngeblog cuma pengen berbagi informasi aja sih. apalagi awal tahun 2012 terhitung masih sedikit jumlah beauty blogger, itu membuatku semakin ingin meramaikan dunia perbeauty bloggingan Indonesia. Kalau blogger sekarang (nggak semua sih, tapi ada), baru posting sebiji doang udah ada keterangan "for endorsment/sponsorship please contact to xxx@xxx.com". Bah.. keliatan banget kalau cuma pengen cari gratisan. Ngga salah sih cari gratisan, tapi kalau tujuan awal ngeblog cuma itu, balik lagi ke poin 2.. kalau nggak passion, ya tumbang deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru posting sebiji doang udah ada keterangan "for endorsment/sponsorship please contact to xxx@xxx.com >>>> ini nihhhhhhhh hahahhaha XD cuma bisa cengenges aja akuh,
      iyaa jaman dlu kan masih polos, belum ada yg niatan untuk kejer goodie bag atau produk gratisan, tapi sbenernya pilihan sih. cuma apa yang kita ukur ke orang akan diukur balik ke kita, gitu aja sih prinsip aku :p

      Salam kenal defiana <3

      Delete
  15. ohhmaygooodd! Baca tulisan kamu ini jadi flashback beberapa tahun lalu, jaman kita awal ngeblog. Beneran itu masa-masa yang paling enak karena kita ngeblog karena passion bukan karena materi semata. Kalau enggak ada passion mungkin blogku uda almarhum deh git gegara sibuk bener nih kerjaanku sekarang, passionku masih kuat untuk ngeblog, pengen terus nulis sampai capek dan bosan. Tapi balik lagi ke passion kalau passion kita kuat selamanya blog kita bakal ada dan update meskipun update yg ga penting. Hahaha
    Sekarang Puji Tuhan banget berkat kerja keras kita, sabar dalam blogging sekarang uda bisa nikmatin hasilnya, contohnya kita dapat banyak endorse dan bahan review buat ngeblog, dapat fee juga yang lumayan buat nambah2 penghasilan. Itu hasil kerja keras 2-3 tahun, effort kita ke company kayak gimana, semua itu proses. Jadi aku kadang ngakak banget lihat blogger yang masih "seumur jagung" tapi niatnya cari barang gratisan, kayaknya gampang banget gitu jadi blogger buat gretongan. DUH!
    Tapi aku yakin ga semua blogger baru niat kayak gitu yaa..hahhaa

    Poin 6, kenapa harus gitu?? kenapa harus punya kamera bagus sebelum ngeblog?
    aku aja dulu ngeblog modal kamera bb bold yang ga autofokus wkwkkw inget kan git hasil fotoku dlu kayak gimana hahahha kadang lucu kalau liat foto jaman dulu :D
    Makin kesini blogger mulai banyak dan mereka keren2. Sekali lagi karena ini passion kita harus kerjain bener2 pakai hati tanpa embel2 materi dan femes.. jadi femes ya puji Tuhan..


    Keep blogging and vlogging sayang!! :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha iya sebenarnya lagi kesel aku sama beberapa manusia dari dunia blog, tapi pengen curhat awalnya loh kok malah ngalor ngidul nulis bgnian hahahah~
      kangen ya masa2 dimana blogging itu bener2 membangun koneksi dan pertemanan. meskipun belom pernah ketemu kamu aku bisa berasa akrab sama kamu loh ^^
      iya banget, semua juga karena berkat Tuhan akhirnya apa yang kita tabur bisa berbuah ya, lumayan passion yang menghasilkan, berdoa biar aminnnn bisa makin berkembang dan menghasilkan lebih banyak XD
      hahaha inget banget wie, orang aku jg cuma pake bb yang murahan, yang penting hepi, tapi pelan2 merasa mau lebih pro akhirnya jadi nabung gitu dehhh hehehe..
      you too, darlaaa keep inspiring! <3

      Delete
  16. bener ci kalau gak karena passion pasti sudah tumbang, bayangkan sudah berapa puluh juta kita habiskan karena produk maupun kamera.

    aku 2 thun lalu ngeblog modal kamera hp nokia doang, terus beralih ke kamera pocket kodak punya cici ku dan alhamdulillah kebeli kamera pocket yang kualitasnya lumayan tapi tetap pingin nabung lg buat beli yg lebih kece hasilnya.

    dan satu lg ci, tambahan. buat jg blogger butuh belajar dari 0 dalam utak atik blog :D

    http://kawaii-diary98.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya airin, aku jg dulu cuma pake bb butut hahaha, dan lama2 mikir mau lebih baik lagi jadi pelan2 nabung kamera dan seneng banget bisa beli kamera sendiri tanpa nyusahin orangtua :')
      iya banget rin, aku lupa masukin hahaha, secara yeee ini tmplate ga bisa masang dirinya sendiri kan :p

      Delete
  17. De Gitaaaa, what a very very nice post. Sedikit banyak memberikan suatu pemikiran baru buatku yang newbie di dunia blogger yang "kejam" ini lol. Keep it up dede cantik:)

    ReplyDelete
  18. *tepok tangan buat gita*

    Gue sekarang udah jarang blog walking soalnya gak banyak yang keliatan menarik blognya. Gue sukanya dulu itu beauty blog keliatan personality si bloggernya, kaya kita dengan baca aja bisa tau personalitynya itu gimana. Atau kadang justru dapet ilmu baru dari sharing mereka. Kalo sekarang gue liat banyak banget yang baru yang ngejar goodie bag dan invitation aja. Ya gak boong dulu gue juga sempet gitu. Kaya semakin diundang jadi semakin ngehits, tapi gue liat pembaca gue malah gak terlalu suka kalo gue posting soal event, lebih banyak respon soal post gue yang isinya curhat ato belanjaan gue tiap bulannya. Jadi sekarang ya banyakan cerita soal apa yang bener-bener jadi concern gue aja. Jadi ngeblognya demi kepuasan pribadi yang penting udah bisa ngoceh-ngoceh


    Hmmm blogger sombong, kok gue berasa ya, secara kalo ke event gue banyakan diemnya soalnya gak kenal terus gak berani nyapa duluan dan gak pinter basa basi. Mana muke gue bitchy resting face abis. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaniiiiiiii~ makasiii~ hehehe...
      iya sama, aku blogwalking kadang cuma ke temen2 aja atau ke blogger2 luar malahan, dan sekarang fokus ngerjain vlog juga jadi agak kurang blogwalkingnya :(
      yeppp jujur awal2 banget sering diundang event tuh kaya bangga emang, berasa eksklusif, tapi lama2 kok bosen dan gak banyak orang tertarik juga gitu karena kita jadi kaya reporter tanpa sentuhan bloggerny, makanya jadi blogger juga pasti ada proses deh ya kan hehehe..
      iya sih muka lu agak jutek di kampus dulu juga agak segen mau nyapa *sesama pemilik muka judes* hahaha, but i love you and i know you're real <3 ahhaha ciye

      Delete
  19. Buka Blog dan judul posting blog kamu eyecatching banget!
    Selama ini penasaran sih kaya apa behind the scene seorang beauty blogger yang terkenal. Dan baca post ini yang terbayang di kepalaku kok jadi drama abis yah?

    Dan setuju banget dunia blog ini adalah dunia yang menuntut adanya passion yang tinggi. Kalo nggak, yaa selalu ada excuse untuk skip ga nulis. Apalagi kalo ketenaran ga kunjung datang, bisa stop nulis :D

    Terus nulis ya gita, semangaaat^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii salam kenal ^^
      hehehe iyaa ternyata gak seindah post instagram para blogger yak, kwkwkw. ya meskipun pasti itu ada yg indah juga cuma ga semuanya bgtu, di dunia manapun pasti ada "drama" nya hahah cuma karena ini isinya cewek semua dramanya jadi kaya gitu hahaha.. thankyou uda baca dan dukungannyaaaa! <3 <3

      Delete
  20. Biar ini postingan isinya cerita doank ga ada gambar, bacanya ga bosen git, hihii
    Bener banget, dunia blogger semakin penuh lika liku skarang. Yang point 6 tuh ngalamin banget, masih jepret pake si samsung awal ngeblog, selalu foto deket jendela biar cahayanya bagus, hahaa :D

    http://serbaserbiijessie.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah thankyouuuu so happy to hear that :')
      iya aku juga dlu cuma pake bb butut haha skarang puji Tuhan bisa nabung dan cicil kamera yg lumayan :D

      Delete
  21. Four thumbs for you. Bukannya mau mendiskriminasikan blogger baru sih, justru sebenernya lbh fun krn bs jadi makin referensi. Tapi emang ga bs dipungkiri kalau mayoritas dr blogger baru ini pun cuma sekedar pengen "gratisan" doank. I mean, like, really? I feel happy when beauty brand gives me goodie bags, but I don't join some events just to run after it. I know my self can still afford the things they give me as goodie bags. So, LOL...

    Thanks, this post is surely giving us some new points of view.

    -fhia
    have a visit to: www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayy fhia, salam kenal ya ^^
      thankyou for the thumbs hehe.. sbenernya gak salah sih ngincer "gratisan", everybode loves freebies, tapi kalau itu satu2nya motivasi dalam ngeblog lah yang patut dipertimbangkan hehe.. lagian klo eventnya di belahan jakarta nun jauh juga bakal abis di ongkos XD

      Delete
  22. Poin 3 : "Tapi (maaf) banyak banget anak baru yang belagu, mau cepet terkenal, dan memanfaatkan ketenaran orang lain sebagai batu loncatan". OMG Gitaaaa! been there done that! gue pernah ngerasain orang kayak gini dan skrg udah gue CUT dari hidup guaaaaa huh! bye

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaksaaaaaaassssssss miss the old times banget masi pada lugu2 hahaha... sbenernya aku lagi "curhat" di post ini hahaha, cuma malah jadi ngalor ngidul nulis bgnian ^^;
      hahha bener yah kita harus CUT orang2 yang kaya gitu, anggap aja kentang xD

      Delete
  23. Giiittt omg ini postingan paling real seputar dunia beauty blogger! Hahaha.. Meskipun aku udah ga pernah ngeblog lagi, tapi aku kadang masih blogwalking dan kerasa bgt beda aja kyk yg dulu2. Kalo duluuu jaman masih ngeblog kyknya ga banyak drama dan bener2 niat saling share, tambah temen, ramah2 jugaa semuanya. Skrg hits dikit udah ngerasa famous bgttt lol! Ga ramah2 kyk angkatan lama..

    Ah aku kangeenn bgt ngeblog. Kangeenn juga komen2an sm temen2 blogger jaman dulu. Pengen ketemu kamu lagiii >.< great post, git!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya kii, aku mau share aja gitu hal2 yang terpendam selama ini hahah *berasa sinetron*
      kenapaaaaa km knp ga blogging lgi T_______T whyyyyyyy???????? ayo ngeblogggg, pgn ktmu km lagi juga, hiks, dah lama bgt trnyata yah ><

      Delete
  24. Salam kenal, itu sejenis uneg uneg yang menginspirasi
    Semnangat blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe thankyou sudah mampir dan salam kenal :)

      Delete
  25. Gitaaa aku setuju sama curhatan kamu hehehe. Aku tau istilah beauty blogger sejak 2010-2011 dan suka banget sama konten mereka yang bener-bener sharing. Kalo sekarang, ada beberapa yang kayaknya pengen jadi beauty blogger supaya terkenal dan dapet produk gratisan T__T. Aku sendiri blogging yang memang khusus untuk beauty sejak 3 tahun yang lalu dan tujuannya memang untuk sharing aja karena passion aku disitu. Karena aku diluar Jakarta, baru ikutan event sekali dan seneng banget rasanya ketemu blogger lain yang biasanya aku cuma liat via pc atau hp ketemu secara langsung. Aku beneran seneng banget kalo ada yg komen di blog atau sekedar say hi dan bilang, "aku baca blog kamu. bagus banget". Itu udah semangat nomer 1 :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, aku juga awal ngeblog kaya asal tulis yg di pikiran aja, ehh baru setelah itu ngerti ternyata blog juga punya kategori sendiri, jadi karena aku suka makeup aku mendedikasikan blog ini untuk beauty deh hehehe.. aku blm perna ktmu kamu nih >.< kapan2 temu ya hehehe,, ahhh iya banget, 1 komen itu bkin 1 hari cerah :D

      Delete
  26. Really Really Love Your Post Gitaaaaa ^3^
    Sangat-sangat menyuarakan hati banyak orang yang senasib dan sepenanggungan sepertimu (daku juga merasa diwakili bangettt)

    Semangat Gitaaa, suatu saat pas ketemu aku acak-acak kamu Git. Ta cium-cium, ta peluk-peluk deh. Kalo perlu ta culik bawa Magelang hahaha.

    Gratefulbeauty Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou so much ciiii, iya aku sharing aja unek2 drpd dipendem kan hehee...
      semangat juga ciii, aku mau dong dikunyek2 mama cantik! hehe, sukses ya lahirannya ci!

      Delete
  27. Yaaa ampuun ce tyt g ak doang yg ngrasa gtu *hugs.. yaah especially for no 3 & 4.. Ak ngrasa bgt dlu ps awal" ngblog skisar thn 11/12 itu enaaak gtu.. Temen blog y emg brasa temen.. Skrg ud brsa kyk dunia sini itu pnuh prsaingan, nganggep omonganx plg bener lah, ada yg sk nyindir jg jleb gtu rasanya g enak bgt kyk skali ngutarain pdpt aj ud brsa lsg di judge habis"an *jd ikutan curhat hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. *hugs back* iya yah, ak jg baru sadar trnyata sebagian besar dari temen2 bloggerku juga mengalami hal ini, syukurlah aku ga sndirian ^^
      iya nih mknya ak jg selalu blg ke diri sendiri klo liat status atau blog orang gmn aku ga mau judge, pasti ada crtnya >.<

      Delete
  28. 100% agreeee! dan ternyata bukan cuma aku yang ngerasa dunia perbeautybloggingan sekarang entah kenapa terlihat lebih kejam. mungkin karena beauty blogger udah mulai sedikit diakui sebagai profesi menjanjikan. itu no 4 eike banget ce, hahaha, tapi karena aku anggap blogging masih sebatas hobi I don't mind. yang penting happy dan bersyukur udah bisa menyalurkan hobi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thankyou devii :* iyaaa berasa di kantoran yah jadinya banyak yang sikut2an gitu deh :(
      aku suka kok review2 km jelas bgt, hehe, semangatt blogging :D

      Delete
  29. Aku mulai ngeblog mulai dari awal 2012, tapi rasanya naif banget karena aku enggak tau dunia beauty blogger sekarang sekejam itu T_T Kemana aja aku selama ini ya ampun.. etapi kerjaanku emang cuma jadi silent reader doang sih...

    Bener banget, nulis itu passion, kita bikin blog karena passion kita. nabung buat kamera, belajar teknik fotografi, photo editing, belajar nulis yang bener, beli pernak pernik biar fotonya cantik dan lain-lain, kalau bukan atas dasar passion, itu sangat melelahkan karena ngabisin banyak waktu dan tenaga. Kalau ngeblog cuma buat dapet barang gratisan, mendingan waktunya buat dipakai cari kerjaan yang bener aja, yang emg beneran ngehasilin uang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii salam kenal :) hehe gpp kok, aku cuma sedikit membuka apa yg suka terjadi behind the scene blogger2 yg suka mondar mandir ini aja hehe.. smoga tidak memberikan efek buruk jadi km ga mau blogging lagi :(
      betul, dikira dateng ke event itu ga ongkos juga apa parkir aja bayar kok hahaa~

      Delete
  30. giit aku langsung liat post2 di blog aku jaman 3-4 taun lalu jadinya, liat hasil kamera yang ala kadarnya, tulisan bahasa inggris yang masih kacau balau, tapi herannya malah post2 jadul dengan kamera hape butut dan tulisan ala kadarnya jadi popular post di blog aku... Yang penting sih isinya, review yang jujur dan ga dibuat-buat, dan emang bener bgt kalo foto produk yang JELAS bakal sangat sangat ngebantu orang yang lagi cari review, intinya semua blogger pasti pengen lebih baik dalam segi kualitas blognya.

    Aku sekarang malah suka bingung kalau dateng ke beauty event, karena jujur aja aku udah jarang bgt nongol soalnya kalau weekdays kerja sampe sore dan keburu cape. Tapi beberapa kali dateng event akhir-akhir ini aku ngeliat emang banyaaaak bgt bblogger yang fresh2 dan baru2. Kadang aku dtg duluan trus naruh tas di kursi, trs keliling foto, eh balik ke tempatku tas aku udah dipindah dan bilangnya udah ada temennya yang bakal nempatin. Sedih banget hahahaha, itu blogger baru loh, kenalan dulu juga enggak >.<

    Untuk permasalahan dimanapun, kapanpun, kayanya pasti ada aja git, dan aku mikir enggak harus jadi "sweet coffee" buat semua orang juga... Aku sih milih keep silent dan tetap berkarya lewat blog, satu hal sih yang harus ditambahin git.. Know your friends, know your enemy... banyak banget yang two faces dan baik didepan cuma buat saling ngejelek-jelekin di belakang, karena aku udah ngerasain yang namanya diadu domba dan rasanya sadis banget hehehe. Sekarang nge blog buat aku cuma untuk nyalurin hobi aja dan cuma dateng event pas bisa aja. Padahal awal ngeblog aku mikir, seneng banget bisa ketemu orang-orang yang sama hobinya dan bisa jadi sahabat di real life juga, Intinya mah Life must go on ^^ Karena suatu saat bakal kelihatan yang mana ngeblog buat gratisan,yang mana emang blogger sejati. Semangat gita, aku suka banget pos-nya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahaah iya sha, aku juga jadi mengenang post2 jaman behula aku, dari cuma pake bb bututan doang, smpe skrang thank God bisa nabung beli kamera sendiri rasanya puas dan bangga gitu yahh :;)
      bahasa juga makin lama nulis makin lancar dan ga kaku lagi, makanya kan aku sadar tuh menulis juga butuh proses panjang sampe bisa lebih baik..

      iya aku juga kadang bingung klo banyak banget blogger baru yang aku ga kenal, biasa sih duduk aja poto2 sendiri apa main hape, atau ngobrol sm yang punya acara, daripada kepo gak puguh sok2 deket2 biar eksis hahaha gak banget deh.. yaamponnn itu orang gak sopan banget padahal dah ada tas ya ckckck, tega banget :(

      yeshhh right babe, dimanapun kita ada pasti yah ada yang pro dan kontra, dinikmatin ajalah hehe.. terus berkarya bner banget, biar orang lain juga lama2 bisa lihat sendiri gimana karya kita sebenrnya kan tanpa harus denger pendapat orang lain dulu ^^ semangat shaaaaa, thankyou ya sudah mampir dan komen, see you lagi dong in real life :D

      Delete
  31. TRUEEE! Agak kurang nyaman sama Beauty Blogger ‘Jadi-jadian’ yang nulis blog bukan karena passion.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah profesi menjanjikan nampaknya cyinn~

      Delete
  32. Hi Rhea, salam kenal! Aku Elnie ^ ^
    Love what you wrote about becoming a blogger. Sadly, all is true. And mostly I've felt all the point that you mentioned about.

    BEAUTY | NONAHITAMPAHIT

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai elnieeee salam kenal lagiii hahahaha, iya true and bitter banget ya :')

      Delete
  33. Ya ampun rhe ini bener banget, semua butuh modal wkwk

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai inesss :) iyaa dong hehehe makasi dah mampirr

      Delete
  34. Gita, kita pernah ketemu loh. Terus kenalan. Terus aku kayak "Ini Gita yang Gita Lesmana ya??" Hahaha.. Soalnya udah lama suka baca terus tetiba ketemu jadi agak norak. Akh..tapi kamu pasti nggak inget sih.

    Aku jarang nongol di event dan kalaupun muncul ya diem aja. Bukan sombong tapi karena nggak banyak yang kenal, dan suka bingung kalau harus ngajak kenalan orang baru. Pas kamu ajakin kenalan jadinya seneng banget mwahahaha... Tumben gitu ada yang ngajakin kenalan :D. Oh iya, karena nggak banyak kenal siapa-siapa aku jadi nggak paham gosip seputar dunia bblogger. Baca-baca disini agak mikir: "ada ya yang kayak begitu :D".

    Makasih ya sharing-nya. Pelajarannya, kita nggak boleh sombong sama siapapun. Harus ramah. Karena orang sombong itu ngeselin banget ternyata. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noooo I REMEMBER kok sekarrr, di event Makeup Forever lipgloss ituuuuu hehe aku pun masih inget kau punya lipstik yg campuran black and red ^^
      ketemu2 lagi yukk ntar di event hehehehe belom smpet selfie :(
      sama2, seneng banget juga kalo tulisanku bisa memberikan inspirasi :D

      Delete
  35. Gita...
    Blog kamu bagus banget. Aku jadi tau ternyata blogger atau vlogger itu manusia juga yah. Yang sebelumnya gw pikir, GILAaaa adik banget yah idup mrekaa..cantik2 terus, bisa kenal banyak org, banyak yg suka, jadi terkenal ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiiihh hehehe jadi terharu :')
      iyaaa, gak expect bisa serajin ini sih sudah bertaun2 blogging XD

      Delete
  36. kak gita..

    tulisannya menginspirasi aku banget.

    Aku memang sedang belajar ni buat jadi beauty blogger dan vlogger.

    ReplyDelete
  37. This is great! I actually read all of your writing, very truthful but in a polite way. Im also new at this, and masih di dalam tahap observasi n bljr bgt... ya belajar mah terus lah ya.. saya sih percaya byk blogger2 yg udh pnya nama ada yg belagu, soalnya udh pernah liat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks jenny sudah visit dan baca.. iya ayo keep writing with passion yaaa. hahahah iya ya emg siapa? *jadi gosip lol

      Delete
  38. Hi Gita,,
    Aku blogger junior nihh,, belom lama ngeblog.
    Aku ga mau jadi yang belagu gita, mau jadi yang lurus-lurus ajah. hehehe.. :D
    Nemu postingan kamu karena lagi galau, habis ngepost tentang blog competition, tapi ada yang nyinyir di twitt*r "jadi blogger jgn cuma mau duit, malu sama *blogger*". Orgnya ngetweet jeda beberapa menit setelah aku share link gitu. Duhh,, langsung panik. Apa iyah, ikut competition gitu cuma dianggap mau duit? Padahal kan orang itu nggak tau apa yang menjadi alasan aku ikut blog competition. Emang salah yah kalo kita ikut competition gitu. Huhu.. :(

    Tapi setelah baca poin 5 kamu, aku jadi lebih positif nanggepinnya. enggak mau nanggepin sih tepatnya, karena aku ga kenal orang itu dan aku juga ga pernah bermasalah sama dia dan nggak pernah ngomong juga.

    Thank you Gita udh bikin post ini dan aku beneran terinspirasi.
    Keep shining, Gita!

    Salam kenal,
    XOXO
    liamelqha.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eka! Salam kenal ya hehe.. Visited your blog and its wonderful! ^^
      Iyaaa jangan dipikirin orang ngomong apa, selama kita melakukan yg benar dan sesuai hobby kita mereka tidak punya hak untuk membuat kita merasa down!

      Thanks uda mampir ke blog ku and leave your footprint here hehehe, hope we can meet someday~
      Keep writing and inspiring ya! <3

      Delete
    2. Gitaa, makasih udh leave some note di blog ku yahh.. hehe.. aku baru baca hari ini.. :( ..
      Yass!! Setujuu!! *hugs*

      Hopefully we can meet someday. Kalo ada kesempatan main ke Batam, kita meet up yah Git..
      ❤️❤️❤️

      Keep inspiring us, Gita!

      Delete
  39. Kak Gita, baru baca banget dan memang semuanya on point banget. Bahkan saya yang masih skala kecil aja gmana gitu ngrasain yang kak Gita post ini hehe. Sukses buat Kak Gita :D

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  40. Aku kebuka banget pas baca postingan ini. Emang yang postingannya dari hati pasti ngena ken hati juga, ya kak :)

    Sukses, ya kak!

    ReplyDelete
  41. Hello kak ria!
    Nice post banget deh
    Aku sering banget nih kak beli make up banyak dan sering coba cobi banyak brand dan terkadang suka muncul gitu pemikiran buat bikin blog, tapi suka ciut nyalinya karna liat post beauty blog yg keren2, ntah kenapa hehe.
    Makasih tulisannya ka, memotivasi bgt hehe. Hope someday i'll meet u ka hehe, sukses terus btw!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo blogging hehehe, kamu juga pasti keren kok dengan style kamu sendiri ^^
      thankyou sudah mampir dan komen, see youuuu someday :D

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Iya ce bener, harus ada kesenengan tersendiri waktu ng'blog. Terus kadang kalau ada yg terbantu sama postingan kita juga udah bikin seneng bgt .. heehe

    Aku juga masih pakai kamera hp kok :') Terus kadang kalau ngampus selalu buru" pulang ke rumah biar masih dapet cahaya matahari buat foto". Soalnya kalau pake kamera HP foto di indoor,lightingnya jelek *ya aku sih yg gabisa mainin lighting* hahaha
    semoga bisa nabung buat beli kamera pro, hihi
    nice sharing ce. btw :D

    natahsu.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes nat, keep the spirit, whatever you love will affect others! ^^
      haha iyaa nabung yaa semoga bisa beli kamera yg diinginkan amin amin, thanks for reading too <3

      Delete
  44. First time liat blog nya kak Rhea ^^

    Aku malah suka ke kalimat nya yg easy going, yg memang menjelaskannya pake kalimat yg gampang dicerna dan dipahami gitu ...

    Sebenernya bukan cuma mau jadi beauty blog/vlog yg harus modal, kalo mau sukses di bidang apapun juga kudu modal ��.

    Aku suka banget sama tulisan kak Rhea. Banyak kata2 yg membangun hehe...

    Thankyouuu ya kak, doain semoga bisa nyicil satu2 hehe

    ReplyDelete
  45. Halo Ridha,

    thankyou so much for reading my blog, thanks for the support. iya bener bener hehehe semangat yaaa terus berkarya!

    ReplyDelete
  46. Aih semakin bangga menjadi beauty blogger setelah baca ini. Dan... kenapa aku baru nemu blog kamu yahh. Huh semakin termotivasi dan semangat terus mengerjakan passion diluar kewajiban yang ada. Keep inspiring & Salam kenal :)

    www.elisabethgultom.blogspor.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal, thanks dah mampir, tetap semangat ya! :)

      Delete
  47. Hai Rhea :)
    Salam kenal ya. Tadi aku lagi iseng” browsing di google step” buat jadi beauty vlogger dan ketemu blog kamu ini. Aku baru banget mulai nulis di blog. Untuk awal” mau review skin care yang aku pakai. Tujuannya buat berbagi aja sih karena tiap orang punya tipe kulit yang beda”. Buat nambah pertimbangan orang ketika memilih product karena dulu aku juga sebelum membeli product pasti baca” review dari Beauty Blogger.

    Pas aku baca post kamu ini aku baru tau lho dunia perblog an sekarang cukup kejam hahaha Bahkan bisa sampai ada haters gitu. Yah semoga aku bisa bertahan dengan passion ini kayak Beauty Blogger lainnya bisa bertahun”. Keep inspiring ya :)

    lassienew-fangled.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal :)
      Iya, start from whatever your passion is aja, gak akan mengecewakan kok hehe,,semangat selalu! Amin, makasi yah!

      Delete
  48. Hai,kak ria
    aku tau kakak dari video di youtube dan mulai follow ig dan baru tau kakak beauty blogger.
    dari dulu aku selalu pengen review,share pengalaman dan DIY,dll karna suka banget seputar dunia beauty tapi karna liat hasil dari beauty vlogger/blogger aku jadi kehilangan tujuan utama aku mulai buat video dan blog.dan thanks banget karna dari cerita kakak aku jadi ngubah sudut pandang aku buat mulai membuat blog.
    aku bener-bener baru newbie banget buat bikin blog bahkan sampe sekarang belum bikin akun blog karna ragu takut gak ada yang baca.
    aku harap kakak bisa bantu kasih tau aku cara-cara bikin blog dan tips menjadi beauty blogger yang baik.
    Hope can meet you <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Angelin, salam kenal. Makasih uda mampir sini.
      Ayo buat blog, gapapa awal2 kalau dikit yang baca keep blogging aja terus rajin share ke socmed, semua ada prosesnya kok hehe, semangat yaaa!

      Delete

Form for Contact Page (Do not remove)