My Blogging Story [IND]

Monday, November 30, 2015


Haiii~ Lagi dapat inspirasi dan mood untuk menulis tentang blog nih, hehehe.. Mungkin bagi kalian yang ingin tahu perjalanan blog-ku, boleh dibaca sampai abis yah, bagi yang nggak mau tahu yauda gampang close aja window nya lol. Mari kita mulaiii.........


Awal aku pertama sekali post di blog ini adalah bukan tentang beauty/fashion/lifestyle, bukan! Tujuanku bikin blog pertama kali adalah buat nyampah alias nulis sembarangan disini tentang apa yang aku anggap sampah (sadis yah). Post pertama adalah: Tantangan Abege yang Baru Lulus SMA hahahahahahahaahahhaha! Itu di bulan Juli tahun 2009. Aku jujur bingung sih mau nulis apa, jadi yah aku tulis apa yang aku rasain di detik itu juga.

Penamaan blog waktu itu juga bener-bener gak mikir. Rheapunya.blogspot.com berasal dari dua kata yaitu Rhea dan Punya - "Rhea" itu adalah nama dewi Yunani yang aku suka (istri Zeus), dan aku selalu pakai nama itu untuk karakter di semua game online ku (angkat tangan yang suka main game online lol). "Punya" itu adalah yaahh kata punya - kepunyaan, hahaha, iya aku tau alay, sssttt diem ajah ya :p

Kemudian aku mulai bosan dan meninggalkan blog. Aku merasa malas nulis karena punya banyak aktivitas (main) dan waktu tahun itu internet belum mendominasi kehidupan manusia seperti saat ini.



ABEGE PATAH HATI

Aduh jadi geli sendiri mau ketawa hahaha.. Yahh sebagai-mana kukatakan di intro, isi blog ini adalah nyampah, dan waktu itu kebetulan aku lagi patah hati (eciyeee....), waktu bener-bener sedih banget karena pisah sama cowok yang aku suka (yah drama abege lah gak usah dibahas yang pasti cinta monyet deh, bukan cinta serius loh yah). Aku gak puas cuma curhat ke temen deket dan mama aja, jadi aku tumpahin semua isi hati di blog ini. Pengen hapus sih rasanya sekarang, tapi sayang juga karena semua post itu dibuat dengan air mata bercucuran (ini beneran loh, bukan sok puitis haha, beneran tulis post nya sambil mewek dan dengerin lagu mellow).

Yahh post seperti ini atau ini dan ini aku rasa cukup menceritakan keadaan hati waktu itu yah, lol, ayo yang pernah sakit hati pas abege coba komen dibawah :p


TUTORIAL PERTAMA

Setelah drama abege labil itu kelar, disaat itu aku mulai belajar lebih lagi soal makeup secara otodidak. Aku pertama kali belajar makeup itu pake alat kepunyaan mama. Iseng coret-coret wajah. Terus aku nemu forum Indonesian Beauty Bloggers juga dari facebook dan mulai lihat-lihat gimana sih cara ngeblog yang benar. Waktu itu juga teman-teman seangkatanku belum pada gitu ngerti internet/blog dan aku terbilang yang lumayan iseng kutak-katik blogger. Aku memberanikan diri ngepost tutorial seala-kadarnya pake kamera hp doang, dan tingkat malu yang amat tinggi waktu itu.


Eaaaaaa~ Itulah foto tutorial paling pertama yang pernah nangkring di blog ini. Waktu itu aku bikin Easy Smokey Grey Eyes Tutorial dikamar sendirian, tengah malam disaat semua orang rumah sudah tidur dan pakai lampu kamar yang seadanya. Hehehe.. Tapi kaget juga komentar di post itu lumayan banyak hahhahaha... Mulai saat itu lebih sering ngeblog, meskipun masih malu untuk bikin tutorial karena selalu bandingin diri sendiri dengan blogger lain.

Satu hal yang aku sadari adalah gak akan ada habisnya membandingkan diri sendiri, karena akan selalu ada yang lebih baik dan lebih buruk dari kita. Itu sudah pasti, yang terpenting adalah kita tidak berkompetisi dengan siapapun, melainkan diri kita sendiri, pastikan selalu jadi lebih baik dari diri kita sendiri di masa lalu! *ciye bijaksana kan lol*



MAKEUP PLAY PERTAMA

Bagi yang sudah membaca blog ku dari dulu, aku selalu punya label sendiri untuk menamai keisengan-ku mainan makeup yaitu makeup play, bagi kalian yang mau lihat semua makeup play post aku, bisa search di search box dan tulis "make up play" nanti akan keluar semua tuh datanya.

Bedanya makeup play dan tutorial post adalah kalau cuma makeup play aku gak bikin tutorial - entah karena malu atau gak dapet foto yang bagus HAHAHA. Secara prosedur harusnya makeup play pertama aku adalah ya si Smokey Eyes tadi diatas, tapi ini makeup play pertama aku secara resmi dilabelin: Raccoon Eyes Makeup.


Waktu itu aku sudah gak pake kamera HP lagi, tapi pake Sony A3200 kalau gak salah yah hahaha, lupa sudah lama banget, dan kamera itu adalah kamera biasa yang gak canggih sehingga aku agak kesulitan ambil fokus dan biasanya aku foto didepan cermin jadi bisa lihat layarnya hehehe....



REVIEW PERTAMA

Review pertamaku itu adalah tentang Etude House Aloe Vera Gel dan disini aku benar-benar belum ngerti gimana sih cara foto produk yang baik, jelas, dan layak untuk dikatakan "review".
Aku cuma foto seadanya pakai kamera HP (belum punya kamera digital Sony), dan tulisan disitu aku buat dengan gaya bahasa apa adanya yang bertahan sampai sekarang :)


Seiring waktu berjalan aku mulai dapat banyak teman blogger dari Indonesia maupun luar negri, aku belajar banyak sekali tentang cara menulis yang jelas, foto yang baik, dan segala keperluan blogging. 
Semakin aku ngeblog, aku semakin suka dan jatuh cinta, aku menikmati setiap momen dalam membuat review, tutorial, maupun hanya sekedar artikel. I think I found my love here. Sejak saat itu aku semakin rajin nulis dan nabung tentunya untuk beli kamera yang lebih proper.



EVENT PERTAMA

Tahun 2013 senang sekali pertama kali mendapat undangan event di email. Rasanya aku terharu banget dan masih ingat perasaanku saat pergi ke event: deg-degan dan super excited. Aku lupa sponsor pertama ku siapa, tapi aku ingat event pertamaku, yaaay~

Acaranya itu seperti bazaar kecantikan yang diselenggarakan di Puri, karena dekat dari rumah aku minta pacarku anterin kesana, dan disana ketemu blogger lain seperti Jesslyn, dan lainnya, saling ketemu dan saling mengenal..

Liat post nya disini kalau penasaran gimana tulisan laporanku pertama kali tentang event hahaha..




GIVEAWAY PERTAMA

Wahhhhh super senang sekali pertama kali adain giveaway, aku juga deg-degan banget takut gak ada yang ikut giveawayku yang berujung krik krik kaya di kuburan lol, tapi ternyata teman-teman sangat baik, aku sadari pembacaku lebih banyak dari yang kukira, dan respon yang sangat positif itu membuatku sadar bahwa apa yang aku bagikan di blog ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain dan itu semakin memotivasi aku untuk terus menulis :) :)

Post giveaway nya disini kalau mau lihat, dan aku juga mati-matian nabung untuk beli semua hadiah giveaway itu. Aku ingat waktu itu aku dapat uang hasil kerja freelance ku saat kuliah, dan kubelanjakan semuanya untuk hadiah hehehehe.. Rasanya sukacita banget bisa berbagi..




KOLABORASI PERTAMA

Aku ingat betapa senangnya pertama kali aku diajak bikin makeup kolab pertama kali. Waktu itu lagi booming lagu Mr. Taxi dari SNSD, dan aku diajak kolab itu sama Kak Sasyachi, bareng dengan bloggers lain yang kece-kece banget. Aku excited banget, tapi kali ini udah gak ada rasa malu atau takut atau minder. Aku percaya diri kalau aku bisa melakukannya, karena aku sadar aku bukan berkompetisi melainkan bersenang-senang. Ini Sunny SNSD Mr Taxi yang kubuat bersama teman lainnya, silahkan diintip postnya buat tau siapa aja waktu itu personel nya lol.




BLOGGING VS VLOGGING

Lately, since September 2015, I started to frequently upload a video to my youtube channel: rheakim. Sebenarnya aku tuh udah punya channel dari tahun 2010, tapi gak pernah berani untuk upload video, aku selalu bikin video tutorial, dan setelah kulihat, aku merasa itu sangat jelek dan aku delete juga hahahha... Aku pertama kali beraniin diri upload video itu karena dorongan semangat dari temanku Natasha Lesmana, lewat dia aku ikut Beauty Bound Asia yang mengharuskan punya channel youtube.

Rasanya pertama kali ngomong sendiri depan kamera itu: AWKWARD to the max!!! Lol!
Deg-degan parah pas mau upload video, dengan koneksi internet yang lelet tentunya ahahah, maaf ya kalau kedengarannya lebay banget, tapi seriously, ini yang aku rasain...

Anyway, aku pernah bikin tutorial loh tapi aku ga post di youtube, ini di post ini kalau yang maul ihat.

Semakin kesini, aku mendapat banyak banget support dari teman blogger dan non-blogger, aku bahagia banget, mereka mendukung aku untuk terus bikin video, naikin kualitasnya, dan keluarin ide-ide yang baru lagi. Aku sampai gak bisa ngomong apa-apa, karena rasanya seneng banget bisa membuat kalian bangga menjadi temanku, heheheh.. Sekarang aku akan lebih sering membuat video tapi tetap blogging adalah bagian terbesar dari hidupku, jadi aku akan blogging dibarengin dengan vlogging, wish me the best to arrange the time management, guys! ^^

...and don't forget to subscribe me okay? ;)



***


Aku sempat membuat blog ini seperti gado-gado, awalnya isinya sampah curhat, kemudian aku mencampur blog ini dengan post tentang pets (binatang) dan juga food, sempat galau mau bikin blog apa karena semuanya aku suka, hahhahah~ Tapi akhirnya kuputuskan untuk membuat blog ini sebagai blog tentang beauty dan fashion.

Aku menemukan cintaku dalam blogging dan aku sangat menikmati setiap "kesusahan" dibalik sebuah post, kalau kalian mau tahu biasanya "kesusahan" beauty blogger  aku itu adalah:
  1. Terkadang musti tengah malam bikin makeup play atau review, entah karena baru sempat, takut ketawan orang rumah, mood baru ada, gak bisa tidur, dan berbagai alasan lain.
  2. Foto musti berkali-kali cari angle dan cahaya yang pas untuk foto produk, apalagi kalau musti tunggu cahaya matahari untuk foto produk.
  3. Kalau review produk tanpa FOTD itu rasanya bagai makan tahu kuning tanpa sambal terasi, berasa ada yang kurang dan gak nendang gitu, jadi biasanya akan makan waktu lamaaaa banget buat 1 post untuk publish (karena nunggu foto selfie yang tertunda karena satu dan lain hal).
  4. Kalau salah makeup biasanya aku akan ulang dari awal, dan itu suka makan waktu yang lama, dan sempet stress karena gak dapet foto selfie yang oke waktu sudah bikin makeup play, akhirnya gak jadi dipost di blog dan delete aja gitu hahaha..
  5. Menulis itu adalah salah satu keterampilan yang perlu diasah dan dipelajari, sama seperti melukis atau menyanyi, gak bisa sembarangan apalagi kalau menyangkut artikel dari sponsor. Tapi terkadang mood sangat mempengaruhi, sehingga untuk menulis post yang berkualitas aku akan brainstorming dan membuat plot-plot kerangka yang baik sebelum benar-benar posting.
  6. Reaksi dari produk yang disponsori itu gak selamanya baik, aku pernah breakout karena pake skincare sponsor. Mungkin akan ada yang bilang "lagian mau gratisan aja sih", ihhhh aku gak mau komentar karena sebisa mungkn beauty blogger itu akan memberikan informasi yang akurat bagi publik. Emang kalian pikir setiap ada tawaran sponsor kita gak mikir-mikir? -_-
  7. Haters is everywhere. Dimanapun kita tinggal dan apapun yang kita lakukan akan selalu ada orang yang gak suka. Awalnya aku sedih banget padahal aku gak pernah punya masalah dengan orang. Tapi temanku semua bilang kalau itu sudah biasa, ada saja orang yang akan gak suka dengan kita, dan sekarang aku bisa bilang: BODO AMAT! Lol~
  8. Ini yang paling suka bikin aku gelisah: dateline posting hehehe.. Aku masih part-time blogger, jadi aku masih kerja dan waktu yang aku punya itu kurang bebas untuk bisa blogging. Seringkali aku minta maaf sama sponsor karena telat untuk post produk mereka, bukan karena aku malas-malasan, tapi karena aku selalu mau memberikan 100% dari apa yang aku bisa lakukan, gak mau setengah-setengah, jadi kalau aku belum siap untuk post, aku akan menunda itu sampai kurasa sangat baik untuk dipublish.
  9. Foto yang dicuri pihak lain tanpa izin untuk keperluan usaha mereka. Ah aku malas bahas. Intinya mencuri itu gak baik, aku selalu usahakan untuk kasih footnote untuk setiap foto yang aku ambil dari tempat lain, meskipun dari google sekalipun.

Diatas semua hal-hal gak enak itu, I do love blogging very much dengan segenap jiwa raga (ciyeee) hahahaha.. Dan aku sadar aku gak bisa lepas dar blog. Dengan atau tanpa ada pembaca, aku akan terus menulis blog, doakan aku yah agar bisa selalu memberikan yang terbaik untuk semuanya :)

Aku juga terharu banget setiap kali menerima message dan komen dari temen-temen semua yang bilang mereka suka dengan apa yang aku share, suka dengan inspirasi yang aku berikan. I feel like, whoaaa, is it true? Bener-bener gak nyangka bahwa apa yang aku berikan bisa bermanfaat bagi banyak orang. I always remind myself to turn compliments into motivation, not a reason for being arrogant or self-satisfying. I will always do my best!

Wahh panjang juga ya post ini, haahaha, adakah yang membaca sampai bawah sini? Let me know! :D
See you at another post, dan kalau ada request post apa di blog/youtube bisa banget yah kasitau aku! So, stay healthy and pretty~! xoxo

4 comments

  1. haha samaan XD awal bikin blog gr2 cuma pngen nyampah doang XD.setuju bgt , susahnya jadi blogger T.T sebisa mngkn slalu ngasih fotd di tiap review ^^ ngambil poto bnyk bgt yg kepake paling cuma sebiji dua biji XD kebnykn NG nya haha..bener yah ,klo sibuk sma kerjaan, postingan sponsor bs delay sampe berbulan2 krna emg pngen nulis post yg semaksimal mngkn, ^^
    dulu pertama suka blogging kayaknya yg sering ak stalking blognya itu blog km sma Sasyachi XD lol

    anw good luck for ur blog/vlog XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup yup, berasa yah sekarang selalu mau yg terbaik buat blog kaga kaya dlu cuma nyampah doang haahaha...
      aaahh masa sihh duh jadi maluuuu XD
      makasi yaaaa, you too! good luckkkkk :*

      Delete
  2. OMG Git, seriusan berkat tulisan ini g jd inget kenapa g mulai ngeblog (yg which is udah g telantarkan dari setahun lalu)... Semua gegara error yg g ga tau sebabnya apa sampe hampir semua post g gambarnya ga mau muncul (gaptek soalnya jd g ga ngerti sebabnya)... terus g masih bingung sama nama blog yg merefleksikan g banget... dan masih banyak hal seperti mood, banyak aktifitas dan tugas, dll dll... g ngerti banget tuh dilema preparationnya.. hahaha g selalu minta tolong adek g jd photographer, yang belum tentu dy bisa juga... TT^TT ditambah dengan kepindahan g ke Jepang yg membuat g ga punya photographer, sehingga semakin malas update blog... TT^TT *g kok jd malah curhat*


    Anyway, kalo dilihat ke belakang u berkembang banget, dari segi tulisan maupun konteks blog... :) Goodluck selalu Gita.. :)


    xx,
    http://anastasiagoenawan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Nas, maklum lah orang design, pasti mood, idealisme, perfeksionisme yg selalu merongrong jadi kt males update gitu hahaah.. i feel you! yah padahal banyak banget Nas yang bs dishare di Jepang, fashion dan tmpat ootd pasti banyak banget dsana yg kece2 *puppy eyes* hehehehe, ayo semangat Nanas! Blogging lagi yuukk~ :*

      thankyou darling! <3

      Delete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.