Latest Stories

How to Wash Bra and Boobs Treatment


Hi Ladies~ (since this is a post for ladies), I wanna share about our second most important body part: boobs. Quite controversial, but I am just gonna tell you what I had in recent years.

Hi Ladies~ (yang baca pasti perempuan), aku mau berbagi tentang bagian tubuh paling penting kedua kita: payudara. Agak kontroversial, tapi aku mau bercerita tentang apa yang aku alami beberapa tahun ini.

As you can see above (the first picture), it was my boobs, yes, it is. Began at around 2008 or 2009, I felt so sore and itchy at my boobs (left and right), near my nipples in both sides. The scar was like island picture on map. I think it was only because mosquitos or prickly heat. But days after days, it get more itchy and reddish, I started to worry and mom brought me to dermatologist. The doctor said that I had detergent-allergic with super sensitive skin. She gave me cream and told me to use silk soap instead of detergent. 

Mom bought silky soap and since that day, we always wash our bras with that kind of soap. It has few bubbles and really lovely smell. And my boobs getting better and better everyday, but the mark is still there. I was so sad.

Seperti yang kalian lihat diatas (foto pertama), itu adalah payudaraku, ya itu. Bermula dari tahun 2008 atau 2009, aku merasa sakit dan gatal di payudara (kiri dan kanan), dekat puting di kedua sisi. Lukanya itu berbentuk seperti gambar pulau kalau di peta. Aku pikir hanya gatal karena nyamuk atau biang keringat. Tapi hari demi hari, semakin gatal dan merah, aku mulai khawatir dan mama bawa aku ke dokter kulit. Dokter bilang aku punya alergi terhadap detergen, dengan kondisi kulit yang sangat sensitif. Dia memberikan krim dan menganjurkan untuk mencuci bra dengan sabun khusus sutra.

Mama membeli sabun sutra dan sejak hari itu, kita selalu mencuci bra dengan sabun sutra. Busanya sangat sedikit dan wanginya enak banget. Payudaraku semakin baik setiap hari, tapi bekasnya masih ada. Aku sedih sekali.


Years gone by, now at 2015, back I felt itchy at the scar mark on my right boob (the mark on left boob is totally gone already). I went to another dermatologist, this time is with Dr. Deasy Thio. And guess what, she said that this could happen to me not only because of my sensitive and detergent-allergic skin, but also my skin is super super super dry! And then I felt like "Whaaattt? My boobs are dry??? How could that possible?" After discovering myself again, I found that the skin is looks like plastic, not moist, and cracked. She was right, I felt so sorry for my boobs.

Dr. Deasy Thio gave me Noroid cream, and she said it would be fine, the mark can also slowly disappear, but first I need to treat my boobs well. This Noroid cream is for extra-dry skin. Can be used at many spots: hand, face, foot, and all over body. 


Tahun berjalan, sekarang 2015, kembali aku merasa gatal di bekas luka payudara kanan (bekas di bagian kiri sudah lenyap semua). Aku kembali ke dokter, kali ini berbeda yaitu dengan Dr. Deasy Thio. Tahu gak, dia bilang ini terjadi bukan hanya karena kulitku yang sensitif dan alergi detergen saja, tapi juga karena super duper kering sekali! Aku langsung "Apaaa??? Kulit tete bisa kering??? Kok bisaaaaa?" Setelah meneliti sendiri, aku lihat memang kulitnya seperti plastik, gak lembap, dan pecah-pecah. Dokternya bener, aku jadi menyesal pada payudaraku.

Dr. Deasy Thio kasih aku Noroid dan dia bilang akan baik-baik saja, bekasnya juga bisa perlahan hilang tapi aku harus merawatnya dahulu. Krim Noroid ini ditujukan untuk kulit yang sangat kering. Bisa digunakan dimana aja: tangan, muka,  kaki, dan seluruh tubuh.



The direction of use is a bit different from usual lotion. First, give your skin a little amount of water, I use Evian Face Spray, then spread the cream all over the skin until there's no sticky feeling. I also use this to my hand, and it did its job very well. This cream has no smell.

Cara penggunaannya agak berbeda dengan lotion pada umumnya. Pertama, basahi kulit dengan sedikit air, aku menggunakan spray air Evian Face Spray, lalu ratakan krimnya di seluruh kulit tersebut sampai tidak terasa lengket. Aku menggunakan krim ini juga ke tangan, dan hasilnya sangat baik. Krim ini tidak memiliki bau.



Now my boobs skin condition is getting better, the scar mark also slowly disappear. I am so happy, thanks to Dr. Deasy Thio. Now let me conclude this thing for you:


  1. Give an attention to boobs, not only face, they need your attention too.
  2. Wear a perfect fit size or bra. Not too tight, not too loose. Use sports bra while doing sport (no cord and made from cotton).
  3. Change your bra once a day!
  4. Wash bra properly (I'll explain)
  5. Never scratch your boobs with nails. Boobs skin are so soft and thin, it can be hurt easily.
  6. Do boobs exercise to maintain the structure and shape.
  7. After shower, better to gently pat pat pat the towel to your skin instead of rub it. It keeps the hydration locked underneath the skin.

This formula is apply to all of skin area (especially when you have dry skin). Whenever you feel itchy in your face, hand, foot, or whatever, don't underestimate it as normal thing. It might be caused of a very dry condition. 

Ever seen someone with "snake" skin? Some because of genetic reason, but some is because of dryness issue. Dry skin could be detected with itch (either with reddish or cracked skin).
You may try this Noroid cream if you want, it is save to use even once in an hour.


Kini kulit payudaraku sudah membaik, bekasnya juga mulai hilang pelan-pelan. Aku senang banget, terimakasih Dr. Deasy Thio. Sekarang ini kesimpulannya:

  1. Berikan perhatian pada kulit payudara, karena tidak kalah penting dengan merawat muka.
  2. Pakai bra dengan ukuran yang PAS, tidak kesempitan atau kelebaran. Pakai bra untuk olahraga ketika olahraga (tidak ada kawat dan terbuat dari katun).
  3. Ganti bra kamu sehari sekali!
  4. Cuci bra dengan benar (dijelaskan dibawah).
  5. Jangan garuk kulit payudara dengan kuku karena sangat lembut dan tipis sehingga bisa iritasi.
  6. Lakukan olahraga payudara untuk menjada struktur dan bentuknya (biar kenceng terus bok!)
  7. Setelah mandi, lebih baik dengan lembut menepuk-nepuk handuk ke kulit daripada digosok. Itu akan mengunci kandungan air dibawah kulit.

Cara ini juga berlaku ke semua area kulit di tubuh (apalagi kalau kamu punya tipe kulit kering). Kapanpun kamu merasa gatal di kulit manapun, muka, tangan, kaki, jangan diremehkan. Bisa jadi itu disebabkan karena kondisi yang sangat kering.

Pernah lihat orang dengan kulit "ular"? Beberapa orang disebabkan karena keturunan, tapi beberapa karena kekeringan tingkat tinggi. Kulit kering bisa dicirikan dengan GATAL (merah-merah atau pecah-pecah). Kamu bisa coba pakai krim Noroid ini kalau mau, aman kok, bahkan dipakai sejam sekali juga gapapa.



HOW TO WASH BRA PROPERLY:

I learned this from dermatologist, and some research is approved to this theory.
  1. Never use detergent, the chemical ingredients may have bad effects to boobs skin, since it is so thin and soft. Use silky soap instead, I am using Molto Silky Fine Wash (promised I am not getting paid by Molto) and I think you can also use baby bottle soap too. Silky soap can be used also for silk clothes and another fragile fabric.
  2. Better not using machine to wash bra, because it reduce the life span of bra. Use hands.
  3. In lukewarm water, soak the bra with silky soap for around 15-20 minutes.
  4. Gently pump it up and down to remove dirts. To remove dirt-spot (if any), rub it with finger slowly. Rub more at underwire and straps - may accumulate more sweat and dirt.
  5. Rinse the bra in running water, and make sure the bubbles are gone.
  6. Don't squeeze too hard, leave them in half wet condition and hang them to dry. 

CARA MENCUCI BRA DENGAN BAIK:

Aku belajar ini dari dokter kulit, dan beberapa pembelajaran dari internet sudah menyetujui teori ini.

  1. Jangan gunakan detergen, bahan kimianya bisa saja memberikan dampak buruk bagi kulit payudara yang sangat lembut dan tipis. Gunakan sabun sutra, aku pakai Molto Silky Fine Wash (sumpah aku tidak dibayar oleh pihak Molto) dan aku pikir bisa juga pakai sabun pencuci botol dodot bayi. Sabun sutra biasa untuk mencuci pakaian dari sutra dan bahan aneh lembut lainnya.
  2. Lebih baik jangan gunakan mesin cuci, karena bisa mengurangi umur bra. Gunakan tangan (rempong sih emang tapi harus mau bayar harga repot hehehe).
  3. Di air yang suam, rendam bra dengan sabun sutra secukupnya dan biarkan kira-kira 15-20 menit.
  4. Perlahan pompa (ya gitulah tau kan) keatas dan bawah untuk menghilangkan kotoran. Jika ada noda, gosok dengan jari tangan. Gosok bagian bawah kawat dan tali karena lebih banyak menyerap keringat dan kotoran.
  5. Bilas bra di air yang mengalir dan pastikan busanya sudah hilang semua.
  6. Jangan diperas terlalu heboh, biarkan agak basah lalu jemur.



penampakan sabunnya



Some might say:
"I always wash my bra using detergent and wash machine and I am okay, why must pay more efforts then?

or "I use one bra for two days, and I have no problem with that!

or "My boobs skin is thick and I have no detergent-allergic skin, so I think this kind of washing is not for me!" ~ ~ ~

All I can say is it's your choice, I am just sharing what I experienced, with some advices from the experts. I think no need for anyone to have the same case to understand how important are our boobs skin. If your boobs skin are made from titanium well that's great! And I just want to remind us to pay more attention to our boobs.

So, stay healthy, and love your boobs!



Mungkin akan ada yang bilang:
"Aku selalu cuci bra pake detergen dan mesin cuci dan aku baik-baik aja tuh, kenapa harus lebih repot?"

atau "Aku pakai satu bra untuk dua hari, dan aku gak masalah kok!"

atau "Kulit payudaraku tebal dan aku tidak alergi dengan detergen, jadi cara mencuci seperti ini bukan untuk aku!" ~ ~ ~


Yang bisa kukatakan adalah itu adalah pilihanmu, aku hanya berbagi pengalamanku, dan beberapa nasihat dari ahlinya. Aku pikir tidak perlu lagi orang merasakan kasus yang sama denganku untuk mengerti betapa pentingnya kulit payudara itu. Kalau kulit payudaramu terbuat dari titanium wah itu bagus banget! Dan aku juga hanya mau mengingatkan kita semua untuk lebih memerhatikan payudara, itu saja.


Jadi, sehat selalu dan cintai payudaramu!




Some another references:
http://bustyresources.wikia.com/wiki/How-to_wash_a_bra
http://www.brightandklean.com/garment-care/silk-and-rayon-care.html

Comments

  1. Thanks for sharing ci,emang bener harus jaga bersih payudara soalnya emang rawan sih ,dan aku juga skrg udah gak pake detergen kalo pake cuci bra ,kandungannya keras kali ya kadang suka gatel sih kalo cucinya pake detergen

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaahhh~ kamu juga sama kah? gatel juga? iya nih kayanya emang keras ya secara kulit payudara kan tipis tuh :(

      Delete
  2. kalau aq punya kulit yang sensitif juga. Turunan dari mamaku, kami alergi dengan keringat sendiri. Nah lho ! jadi kalau pakai baju atau bra sehari mesti 2x ganti kalau tidak langsung merah2 dan gatal, jika digaruk jadi meninggalkan bekas kya jamuran gtu dan hilangnya bisa sampai hitugan hari. Well boobs kita itu memang aset setuju sama pendapatmu, apalagi kalau sudah nikah hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh iya nih repot ya punya kulit yg sensitif :(
      hehehe bener tuh :p
      thanks for visit and comment :)

      Delete
  3. wah keren banget ini, jarang banget nemuin artike dari blogger tentang menjaga kebersihan badan, thankyouu for sharing yaa :) aku bakal coba deh lotion nya hihihi..
    have a nice day :)

    http://sonya-thaniya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. OMG, ternyata perlu diperhatikan juga ya Git T_T
    Selama ini terabaikan T__T, langsung cepet2 cari Molto nih haha.

    Nice Sharing Gita ^3^
    Gratefulbeauty Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ciii hehhe, aku jgua gitu hahaha, thankyou :)

      Delete
  5. Nice sharing Git, aku biasanya juga nyuci bra selalu aku sendiriin.. biasnya aku cuci bareng bajunya Ines soalnya detergennya dikit. Aku cuci pakai tangan juga biar ga melar haha
    aku happy kamu uda sembuh total.. huhuw jangan sampai sakit2 lagi yah :*



    ♥ Pinastika Beauty Blog ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wieee, bareng baju ines aja kan lebih aman.. makasi sayang :* :*

      Delete
  6. Wah, kondisiku sama kayak kamu. Aku sering pake handbody aja biar ngga terlalu kering. Btw, nice sharing :)

    ReplyDelete
  7. semoga scarnya cepet hilang yaaa Git :(
    thanks for sharing this..

    xoxo,
    Beauty Appetite

    ReplyDelete
  8. thanks for sharing git :) iya sama aku juga selalu nyuci bra pakai selalu pakia sabun cuci cair, tapi aku melakukan itu tanpa alasan sih sbnernya hahaha tapi ternyata emg bagus gitu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak hehehe, sama2 yaaa semoga tidak mengalami seperti ini :)

      Delete

Form for Contact Page (Do not remove)