Latest Stories

Belitung Trip


Hai semua! Senangnya aku kemarin pergi ke Belitung bersama teman-teman gereja. Belitung sendiri disebutnya "BELITONG" oleh orang intinya. Letaknya ada di dekat pulau Sumatera dan kalau kesana harus menggunakan pesawat, bisa sih mau naik mobil tapi harus ribet karena naik kapal pesiar lagi.


DAY 1

Pagi-pagi sampai di bandara, langsung pergi ke hotel untuk taro barang, hotel BW adalah bekas hotel Aston yang merupakan hotel terbaik dan terbersih di Belitung!



Setelah merapikan barang, kita semua pergi ke tambang kaolin, semacam bahan alam pembuat kosmetik juga katanya, tempatnya seperti danau buatan yang berasal dari air hujan, tetapi as you can see, the pastel blue color is just awesome!!! It's soooo beautiful!









Dulunya masyarakat Belitung bekerja kebanyakan di pabrik tambang timah, tapi mengalami kebangkrutan dan sekarang beralih ke kaolin, sawit, dan perikanan :)

Selanjutnya kita pergi ke Pantai Tanjung Tinggi, tempat dimana banyak sekali batu-batu raksasa yang ternyata sudah ada dari sejak zaman Jurassic yaitu sekitar 200.000.000 tahun yang lalu! WOW!
Tempat ini bisa dilihat di video nya Nidji waktu bernyanyi lagu Laskar Pelangi.





Lalu kita pergi ke pantai lain, kali ini aku lupa namanya hehehe.. Disitu banyak banget kepiting yang kecil-kecil, membangun rumah dan mencari makan di pasir.









DAY 2

Sayang banget foto-foto di hari kedua itu sedikit karena: aku sibuk snorkeling lolol~

Jadi hari ini kita hopping island to island, pake perahu yang sudah disewa kita lompat dari satu pulau kecil ke pulau kecil lainnya. I really love islands!!!!!







Ini namanya pulau Pasir, tapi ada juga yang namain pulau Bintang, karena merupakan tempat tinggal bintang laut, itu loh si Patric di film Spongebob :D
Tapi jangan lama-lama memegang bintang laut, karena mereka hanya tahan 10 menit tanpa air laut!



Setelah itu kita pergi ke Pulau Lengkuas - dimana terdapat mercusuar yang sangat besar dan indah!!! Dari kecil aku selalu penasaran akan isi dan interior dari mercusuar! Kali ini aku benar-benar melihat sendiri kemegahan bangunan yang sudah ada dari tahun 1888 itu. Masih kuat, kokoh, berdiri tegak setinggi 68+ meter dengan 330+ anak tangga! WOW!
Tadinya aku males naik soalnya capek banget badannya dan aku kurang kuat untuk olahraga naik tangga. Tapi aku sangattttt penasaran dan teman-teman semua naik jadi aku pelan-pelan naik. Oiya bayar 5.000 IDR untuk 1 orang :)
















DAY 3

Waktunya beberes dan pulang Jakarta. I still want to swim and play :(

Sebelum ke bandara, kita pergi ke rumah gubernur Jakarta yaitu Pak Basuki, alias Pak Ahok. Rumah beliau kini menjadi salah satu itinerary kalo tour ke Belitung loh! Hehehe...



Selanjutnya kita pergi ke Museum Kata oleh Andrea Hirata. Bagi kalian pecinta novel dan film pasti tau dong sama Laskar Pelangi, dan inilah museum sastra yang didirikan oleh penulis novel tersebut, yang adalah kisah nyata dari hidupnya sendiri.

Aku suka banget museum ini, banyak dekorasi yang terinspirasi dari British, mungkin karena si Andrea Hirata sendiri pernah kuliah lama di Inggris ya. Seni yang terasa sangat kental dan dekorasi jadul bener-bener bikin aku betah!
























Selesai deh liburanku! Aku pasti akan balik kesini, entah untuk liburan atau foto-foto! :D
Oiya sedikit ada tips dari aku bagi kalian yang mau liburan ke Belitung ataupun pantai/pulau lainnya ya:

  1. Jangan lupa bawa sunscreen, karena sebentar saja akan mengalami sunburn.
  2. Siapkan CASH yang cukup untuk makan, beli oleh-oleh, belanja, dll, karena ATM di Belitung sangaaatttt jarang ditemui loh. Harga makanan disana sama saja dengan di Jakarta, apalagi yang sudah didekor dan khusus seperti restoran.
  3. Jangan buang sampah sembarangan!
  4. Bawa baju yang mudah dicuci dan berbahan katun/spandex agar mudah dibersihkan dari pasir, celananya pakai yang tidak berkantong kalau bisa.
  5. Jangan takut menyelam, rugi banget udah jauh dari Jakarta ke Belitung tapi cuma main air cantik doang dipinggir pantai :D
  6. Bawa minyak kayu putih atau minyak lainnya karena nyamuk pantai ganas-ganas :(
  7. Kalau beli oleh-oleh, pilih kerupuk cumi, kerupuk kulit, terasi, dan merica, karena itu adalah signature gift dari Belitung (terkenal enak sekali).

Okeeeee sampai jumpa di next travel post! Yuk mau foto-foto di Belitung? Ajak aku ya! ^^



Comments

  1. I love belitung.. Aku 2tahun tinggal disana.. Makanan laut nya segar2 ya git.. Di pulau pasir, banyak banget ya bintang laut sebesar bola kaki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya????
      seru banet kak tinggal di island hehehehe.. iya patrick star nya gedeeee XD

      Delete
    2. Sdh foto di batu pantai burung?? Atau pergi ke kuil dewi kwuanin?? Harus deh kesana git..

      Delete
    3. kuil uda pegiiii, foto di pantai burung blommm.. nanti mau blk sana lagiiii XD

      Delete
  2. It looks really fun Git! Jadi kangen holiday ke pantai lagii >_<

    ReplyDelete
  3. Wih, si Gita juga ke Belitung!
    Dan kayaknya semua tur ke sana destinasinya sama semua. Hahaha
    Anyway, I look forward for more pretty photos. ^^

    _"It's not just about the destination, but the journey"_
    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya gorg hahaha wiiiwww next travelling i will bring much pretty photos :D
      thankssss brohh!

      Delete
  4. aw bagus banget ya.. look like you had so much fun!
    sampe skrg belum smpet ke BaBel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pergiii jesssss its beautiful :D
      aku belum ke bangka, ini baru belitung aja katanya bangka jg cantik hehe

      Delete
  5. Waaaaahh seru banget ya tripnya. Hehehe. Terutama pas yg lg di pulau lengkuas. Anyway salam kenal yaaa :D

    hellomissyjune.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. HALLO TRAVELERS!

    SALAM JALAN JALAN!

    JUST WANT TO SHARE MY EXPERIENCE WHILE I WAS AT BELITUNG ISLAND 2 WEEKS AGO. THANK YOU. HTTPS://WWW.YOUTUBE.COM/WATCH?V=XSQO3ALPAPM

    ReplyDelete

Form for Contact Page (Do not remove)