Sunscreen 101 dengan Dewi Sri Spa Sunscreen Series

Wednesday, May 27, 2015


Matahari itu adalah ciptaan Tuhan paling perkasa, dia besar dan bersahaja. Tanpa matahari kita tidak bisa hidup. Tapi sinar matahari itu sebenarnya bahaya bagi kita. Semakin maju perkembangan zaman, lapisan pelindung bumi semakin menipis akibat radiasi, efek rumah kaca, pemanasan global, dan lainnya, sehingga ozon sudah semakin terkikis. Lapisan ozon tidak lagi bisa menyaring panjang gelombang yang sangat kuat dialirkan oleh matahari. Oleh sebab itu, kita butuh perlindungan dari bahaya radiasi gelombang matahari.


Dewi Sri Spa dari Martha Tilaar meluncurkan seri terbaru yaitu Surya Majapahit sunscreen. Terima kasih Dewi Sri Spa Martha Tilaar sudah mengundangku untuk mengikuti launching produknya dan banyak mendapat informasi dari mini talkshow bersama para pakarnya. Yuk cari tahu apa sih senjata kita untuk melindungi diri dari sinar matahari?

Pada hari Kamis, ada empat orang narasumber yang didatangkan yaitu Dokter Astrid, Mbak Melly selaku RnD Martha Tilaar, Mbak Dian Asmarani selaku brand manager Dewi Sri Spa, dan juga guest star Dian Nitami.

Dokter Astrid yang cantik membagikan sedikit informasi berharga tentang sinar matahari. Aku selalu setuju menjadi cantik fisik itu baik, tetapi menjadi pandai juga tidak kalah penting :)

Apa sih gelombang matahari itu? Seperti apa bentuknya?
Gelombang matahari terpancar melalui panas dan tidak terlihat sama sekali. UVA adalah gelombang yang paling panjang dan mampu menembus ruang dan waktu tembok, kaca, maupun pakaian. Gelombang UVA tidak terlihat dan sering mengelabui kita. Sedangkan UVB adalah gelombang terpendek dan bisa kita lihat dengan mata (paparan silau matahari). Menurut Dokter Astrid, cahaya matahari paling menyengat adalah jam 9 pagi sampai 12 siang, usahakan memakai sunscreen ketika beraktifitas di jam itu.

Apa sih SPF itu? Semakin tinggi semakin bagus ya?
Ini PENTING BANGET! Masa kita cewek-cewek cuma tahu pakai saja tanpa mengetahui apa artinya? Hehehe. Aku juga senang bisa belajar banyak tentang kesehatan dan produk ini. Jadiiiii, SPF itu adalah nilai banding waktu kapasitas kulit kita untuk mengalami sunburn (luka kemerahan akibat paparan matahari). Ada rumusnya loh! Misalnya nih ya, kita diluar rumah akan mengalami sunburn dalam waktu 10 menit, maka ketika kita menggunakan sunscreen 30SPF, kita akan mengalami sunburn 10x30 = 300 MENIT kemudian. 

Ngerti gak? Jelasin lagi ya :)

Aku kalau keluar dan panas-panasan akan mulai merah kulitnya dalam waktu 5 menit. Lalu aku menggunakan sunscreen 40SPF dari Dewi Sri Spa. Maka aku akan mulai sunburn pada menit ke 200 (5menit x 40spf).

Jadi gak melindungi total dong masa cuma 200 menit?
Itu dia sebabnya kita harus aplikasikan sunscreen setiap kurang lebih 2 jam sekali, coba kalian cek dimana-mana semua pakar kecantikan kulit akan menyarankan hal yang sama ^^
Dan tingginya SPF itu memang lebih baik karena ketahanan menjaga kulit yang semakin tinggi.

Kalau PA itu apa sih? Bedanya apa dengan SPF?
Good question! Satu lagi yang suka tertulis di packaging yaitu PA+ PA++ PA+++ dsb. Kalau SPF mencegah kulit terbakar / sunburn, maka PA itu fungsinya menjaga pigmentation kulit kita. Artinya dia bekerja untuk menjaga agar kulit kita tidak menggelap! Seru kan! :D
Biasanya semakin tinggi SPF nya maka akan semakin tinggi PA nya juga.

Ada yang bilang SPF tinggi tuh gak baik loh gimana dong?
Nah! Aku sering banget denger nih isyu seperti ini. Menurut Dokter Astrid, pigmentasi manusia itu berbeda-beda. Orang yang kulitnya terang otomatis pigmen kulitnya lebih sedikit dibanding yang gelap, dan tentunya membutuhkan SPF yang lebih besar daripada orang berkulit gelap. Pernah lihat kan orang barat yang punya freckles? Itu karena mereka mengalami pigmentasi di kulitnya :)

Tapi kan rempong pakai 2 jam sekali dan sunscreen itu biasanya lengket!
Aku juga selalu berpikir seperti itu, girls. Tapi jangan sedih, seri terbaru Surya Majapahit ini sama sekali gak lengket loh! Karena menggunakan teknologi enkapsulisasi yaitu mengikat minyak dengan air sehingga ketika dioles ke kulit, lapisan minyaknya akan tertutup dengan air. Aku sudah pakai dan terbukti gak selengket sunscreen lain.

Apa saja kandungan produk Surya Majapahit yang membedakan dengan sunscreen lain?
Betul sekali kalau ada yang bertanya seperti ini, karena wanita yang pintar harus bisa memiliki pengetahuan akan produk yang dia pakai. Surya Majapahit memiliki kandungan ekstrak padi, ekstrak bunga teratai putih (memberikan sensasi dingin), minyak licorice (anti kering), vitamin C (antioksidan). Semua bahan tersebut berasal dari Indonesia semua.
Selain itu, Surya Majapahit TIDAK mengandung Paraben dan BHT, alias pengawet, yang bisa memancing reaksi hormon dan berujung kanker kulit!

Ini dia produk Dewi Sri Spa Surya Majapahit:




Terdapa tiga produk yaitu: soothing gel, lotion sunscreen, dan cooling shower gel.



Soothing Body Gel ini fungsinya adalah memberikan sensasi dingin setelah seharian panas diluar. Sering banget yah baru masuk rumah masih berasa panas dan pusing. Oles ini dikulit, dijamin perasaan dingin dan segar akan langsung menyapa!

Teksturnya berat dan bening, wangi banget, tanpa rasa lengket sedikitpun.




Ini dia kebanggaan: Sunscreen Lotion SPF40 yang menggunakan teknologi enkapsulisasi sehingga tidak lengket dan licin dikulit. Aman dipakai ibu hamil dan anak-anak juga loh.
Teksturnya cukup berat dengan harum yang khas bunga Indonesia. Mengandung ekstrak beras, bunga teratai putih, vitamin C, dan minyak licorice.




After Sun Coolong Shower Gel ini adalah sabun mandi yang mengandung bahan-bahan sama dengan sunscreen. Termasuk ekstrak bunga teratai putih yang membuat sensasi dingin dan segar. Cocok banget buat kita yang tinggal di daerah tropis dimana matahari selalu bersinar cerah ya :)
Teksturnya ringan sekali dan warnanya bening. AKU SUKA BANGET WANGINYA, enak banget, dan rasanya memang segar setelah mandi. Busanya cukup banyak juga loh hihihi.



Thankyou Dewi Sri Spa Martha Tilaar untuk event yang sangat menyenangkan! Sukses untuk Surya Majapahit nya yah, karena produk ini memang luar biasa dan serunya lagi 100% made in Indonesia, ayo dong cintai produk sendiri agar kita bisa menjadi tuan nyonya rumah dalam negara sendiri! ^^



aku dengan tante Wulan Tilaar yang cantik dan ramah


Jaga kesehatan dan kecantikan kulitmu sebagai aset sampai tua nanti! :)

8 comments

  1. wiiih akhirnya martha tilaar punya shooting gel juga^^ horeeee.. aku pernah lihat sekilas product ini dimajalah.. aaah mau coba juga^^

    ReplyDelete
  2. wah spfnya lmyn ya 40, kpn" cobain juga deh ..
    thanks for review ^^

    ReplyDelete
  3. wahh sunscreen spf 40 nya nampak menarik git ^^ tau harganya ngga?
    kalo ga seberapa mahal mau coba jg XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm tau vee, kayanya sih ga gtu mahal, dia baru ada di mall2 gtu say hehehe

      Delete
  4. request dong, please di list ingredient masing2 produk, terutama yg sunscreen nyaa, soalnya tertarik. Thank You btw, nice post and lucky banget bisa diundang :)

    ReplyDelete
  5. Oh very great set
    The packaging is beautiful
    xx

    www.sakuranko.com

    ReplyDelete

thanks for reading and drop some comments,
i read every words that you gave and check back my blog because i love to reply for you as soon as possible! :) ♥

xoxo,
rhea

Latest Instagrams

© ms.rhea's. Design by Fearne.