Latest Stories

GUEST POST: Perlukah Perawatan Wajah di Usia Dini?

By: Beverly Yonatan



Wajah adalah bagian penting dalam diri manusia, terutama bagi banyak kaum perempuan. Produk perawatan wajah di Indonesia kini semakin marak di pasaran, semakin mudah dijumpai. Produk kecantikan dan perawatan wajah sangat bervariasi dan beragam harganya sehingga dapat dijangkau dengan mudah bagi berbagai kalangan.

Sekarang sering dijumpai berbagai produk perawatan wajah yang disediakan untuk umur-umur belia. Sebetulnya sudah perlukahh mereka menggunakan produk perawatan wajah di usia mereka yang masih dini tersebut?


Menurut Dr.Indriyati, dokter kecantikan salah satu klinik kecantikan Jakarta Utara Sabtu (17 April 2014), perawatan wajah dalam artian menjaga kebersihan wajah harus dijalani sedini mungkin, tetapi perawatan wajah dengan artian memakai produk kecantikan dan perawatan klinik dibutuhkan ketika para remaja sudah mengalami pubertas atau menstuasi. Karena pada saat pubertas, kondisi kulit wajah bisa mengalami perubahan dikarenakan perubahan hormone dalam tubuh mereka baik pria ataupun wanita. Entah itu menjadi kekurangan minyak atau kering dan kelebihan minyak atau biasa disebut kulit berminyak. Kedua kondisi tersebut bisa menimbulkan ketidaksempurnaan dalam wajah seseorang.

Kulit wajah berminyak adalah kondisi dimana kelenjar minyak pada wajah seseorang mengeluarkan minyak yang berlebih. Kondisi ini adalah kondisi yang paling sering ditemukan pada anak yang mengalami pubertas. Kondisi wajah berminyak ini dapat menimbulkan jerawat. Disaat timbul jerawatlah disarankan melakukan perawatan wajah. Karena penanganan akan jerawat yang salah dapat menimbulkan bekas yang kurang indah dipandang. Selain itu gaya hidup remaja yang kurang bersih dapat juga menyebabkan timbulnya jerawat di wajah mereka.




Selain kulit berminyak, kulit yang kering dapat menyebabkan wajah menjadi tidak indah yaitu kusam dan tidak nampak cerah, bahkan apabila kondisinya sudah parah, kulit dapat mengelupas. Banyak sekali remaja yang sering beraktivitas dengan terpapar langsung di bawah sinar matahari dan kulitnya menjadi kering, tapi mereka terkadang tidak menyadarinya, sehingga kulit mereka menjadi merah dan terkelupas. Selain karena terpapar matahari, kulit kering juga dapat terjadi karena alas an lain antara lain : mandi atau mencuci tubuh terlalu sering, mencuci muka dengan salah sehingga menyebabkan kurangnya kelembaban wajah, terlalu sering di ruangan ber AC.



Dr. Indri juga menyarankan untuk memilih dengan tepat bahan-bahan perawatan wajah mereka. Para remaja disarankan untuk berkonsultasi kepada para dokter yang memang menangani masalah kulit wajah seperti klinik kecantikan. Karena setiap wajah memiliki masalah yang berbeda dan harus ditangani dengan perawatan yang berbeda juga. Jangan sampai mereka salah memilih dan malah merusak kulit mereka, karena belakangan Ini banyak sekali obat perawatan muka yang berbahaya bagi kulit karena mengandung zat-zat kimia yang tidak aman bagi wajah. Berikut ini dampak negative dari penggunaan perawatan wajah yang tidak tepat baik waktunya maupun produk nya:

· Kulit Menjadi Kebal

Kulit yang terlalu dini mendapatkan perawatan akan rawan menjadi kebal di masa mendatang. Mungkin Anda tak merasakan efek apapun, namun di masa mendatang bisa jadi kulit Anda akan kebal dengan skin care sehingga Anda tak mendapatkan khasiatnya.

· Penuaan Dini

Kulit yang masih muda memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih sangat baik. Menggempurnya dengan berbagai macam kosmetik dan skin care hanya akan membuat elastisitas kulit menyusut dan muncullah tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

· Iritasi Jangka Panjang

Perawatan wajah yang tak sesuai usia juga bisa menyebabkan iritasi bagi kulit yang sensitif. Dalam beberapa kasus bisa menyebabkan jerawat atau purging. Beberapa orang yang tidak menanganinya dengan benar malah akan melakukan 'jurus perawatan sendiri' yang membahayakan kondisi mereka. Bila memang Anda iritasi, datanglah ke dokter kulit, bukan dokter kecantikan, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

· Memudarkan Kecantikan Alami

Ini dia yang paling membahayakan. Bagaimana perawatan wajah yang terlalu keras bagi kulit remaja bisa memudarkan kecantikan alami kulit Anda. Misalnya tadinya Anda memiliki kulit kuning langsat dan semi matte, namun karena ingin seperti artis tertentu, Anda menggunakan produk pemutih yang membuat kulit Anda memucat. Mungkin bagi Anda kulit menjadi lebih putih, namun sebenarnya Anda akan terlihat lebih tua.


Apabila dirasa saat waktu pubertas tidak mengalami masalah pada wajah,para remaja sebaiknya melakukan beberapa langkah perawatan dasar, yaitu:

1. Selalu mencuci muka dengan sabun cair atau sabun padat khusus muka ketika bangun tidur dan setelah beraktivitas. Hal ini perlu dilakukan karena karakter kulit ketika remaja mengalami perubahan akibat hormonal tubuh yang ada hubungannya dengan kulit. Oleh karena itu ada istilah kulit berminyak, kering, normal, atau kombinasi. Untuk mereka yang kulitnya berminyak, bisa menggunakan scrub plus tonic sebagai penyegar. Sementara untuk mereka yang memiliki kulit kering atau normal sebaiknya menggunakan cleansing yang lembut plus tonic sebagai penyegar wajah.

2. Karena remaja umumnya beraktivitas di bawah sinar matahari, mereka juga sebaiknya menggunakan krim pelindung dengan SPF 5-6. Setiap 1 SPF setara dengan 15 menit. Jadi jika ingin berenang selama 2,5 jam, sebaiknya menggunakan sun screen dengan SPF 10. Untuk remaja putri, tak ada salahnya jika menggunakan bedak tabur agar terlihat lebih menarik. Mereka yang kulitnya tidak bermasalah cukup melakukan 2 tahap perawatan ini setiap harinya. Namun jika kulit mereka berjerawat, ada baiknya untuk melakukan perawatan tambahan sebagai berikut:

3. Menggunakan masker untuk jerawat setidaknya satu minggu sekali yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan mengecilkan pori-pori (khusus untuk kulit berminyak).

4. Menggunakan obat jerawat yang tersedia bebas di pasaran. Dan dipakai hanya pada bagian yang memiliki problem jerawat.

Jadi pada intinya, perawatan wajah perlu dilakukan sedini mungkin dengan cara yang alami dan natural, tetapi apabila masalah kulit telah datang yang biasanya dialami pada saat pubertas perawatan pada ahli kecantikan baru dibutuhkan, tentunya tidak dengan sembarang produk, harus memilih dengan tepat produk kecantikan yang aman bagi kulit para remaja.





Beverly Yonata Johan


Jakarta, 4 November 1993

Comments

  1. Awwm you are such a beautiful cutie! ^^ Love your hairstyle and you hair looks so smooth and healthy! <3

    ❤ ✿ MY BLOG✿ ❤
    Rinako

    ReplyDelete
  2. Right ! Karena perawaran semenjak remaja itu investasi juga untuk masa depan kulit kita hihihi ^^
    Nice blog :*

    ReplyDelete

Form for Contact Page (Do not remove)